STRATEGI REGULASI EMOSI PADA REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS I MEDAN

Sovia, Sahrianti (2018) STRATEGI REGULASI EMOSI PADA REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS I MEDAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Remaja yang menjalani kehidupan di dalam LPKA Klas I Medan mengalami banyak permasalahan, yang kemudian dimunculkan dalam bentuk perilaku dan ekspresi emosi. Agar ekspresi emosi tidak muncul secara berlebihan,setiap remaja berusaha untuk meregulasi emosi dengan menggunakan strategi yang dianggap lebih efektif bagi mereka. Strategi regulasi emosi yang paling umum digunakan adalah cognitive reappraisal dan expressive suppression.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi regulasi emosi pada remaja di LPKA Klas I Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah remaja yang sedang menjalani pidana di LPKA Klas I Medan sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur ERQ (Emotion Regulation Questionnaire) yang terdiri dari 10 aitem dengan reliabilitas skala ERQ = 0,89, cognitive reappraisal = 0,75 dan expressive suppression = 0,73. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 55 orang (61,1%) responden dengan skor rata – rata 5,10 cenderung menggunakan cognitive reappraisal. Hasil penelitian ini menunjukkan responden meregulasi emosi dengan mengubah cara berpikir sebelum merespons emosi. Kata kunci: Remaja, LPKA Klas I Medan, Strategi Regulasi Emosi, Cognitive Reappraisal, Expressive Suppression

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DWI PUSPASARI, M.Psi, Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 09 May 2018 14:39
Last Modified: 09 May 2018 14:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33612

Actions (login required)

View Item View Item