RINTANGAN PENYELESAIAN SENGKETA PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN PASAR NAGARI SIMAWANG (Studi Pada Pasar Nagari Simawang Jorong Ombilin Kecamatan Rambatan Kab. Tanah Datar)

Arrahmi, Gemala (2018) RINTANGAN PENYELESAIAN SENGKETA PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN PASAR NAGARI SIMAWANG (Studi Pada Pasar Nagari Simawang Jorong Ombilin Kecamatan Rambatan Kab. Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover and abstrak)
1. Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV (Penutup))
3. BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ARRAHMI GEMALA, BP 1310812020. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Rintangan Penyelesaian Sengketa Pengembangan Pembangunan Pasar Nagari Simawang di Jorong Ombilin Kabupaten Tanah Datar. Jumlah halaman 91 lembar. Pembimbing I Drs. Ardi Abbas, MT. Pembimbing II Zuldesni, S.sos, MA. Sengketa Pasar Nagari Simawang adalah karena ada kelompok yang mengaku bahwa tanah pasar nagari itu milik mereka. Mereka meminta dua toko kepada pemerintah nagari, akan tetapi pemerinah nagari tidak mau memberikannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa rintangan penyelesaian sengketa pengembangan pembangunan Pasar Nagari Simawang tersebut. Tujuan khusus adalah mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan untuk penyelesaian sengketa pengembangan pembangunan Pasar Nagari Simawang, dan mendeskripsikan penyebab rintangan penyelesaian sengketa pengembangan pembangunan Pasar Nagari Simawang Teori konflik Ralf Dahrendorf yang menjelaskan bahwa konflik terjadi karena otoritas yang berbeda. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran terperinci dari suatu masalah yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam dan studi dokumen. Pemilihan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Langkah langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan sengketa pengembangan Pasar Nagari Simawang adalah (1) sumpah pocong (2) negosiasi (3) jalur hukum (4) kesepakatan 120 niniak mamak (5) mengajukan hak kepemilikan tanah kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar (6) harus adanya peraturan yang tegas dari BPRN dan Pemerintah nagari. selain itu penyebab terjadinya sengketa pengembangan pembangunan Pasar Nagari Simawang adalah karena (1) sengketa tanah (2) anggaran yang akan turun dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar (3) tidak aktifnya struktur pasar (4) kurangnya bukti kepemilikan tanah (5) proses negosiasi yang rumit (6) kurang tegasnya pemerintah nagari dalam membuat peraturan adanya sengketa pengklaiman tanah antara pihak kaum Datuak Sati dengan Pemerintah Nagari Simawang. Kata kunci: Sengketa Tanah, Pengembangan Pembangunan, Pasar Nagari

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Ardi Abbas, MT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 09 May 2018 11:53
Last Modified: 09 May 2018 11:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33496

Actions (login required)

View Item View Item