Putri, Endah Paramita (2018) Persepsi Mahasiswa tentang Selebgram Awkarin dan Anya Geraldine (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Andalas dan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (269kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana persepsi mahasiswa tentang selebgram Awkarin dan Anya Geraldine. Selebgram adalah istilah untuk orang yang terkenal di media sosial instagram. Fenomena selebgram Awkarin dan Anya Geraldine populer dikalangan mahasiswa yang menimbulkan berbagai macam persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Universitas Andalas dan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol tentang selebgram Awkarin dan Anya Geraldine. Penelitian ini menggunakan teori persepsi, proses pembentukan persepsi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya persepsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan di dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam teknis uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Andalas mempersepsikan secara positif selebgram Awkarin dan Anya Geraldine adalah dua remaja yang hebat, memiliki fisik yang cantik, memiliki gaya berpakaian yang keren, sudah bisa memiliki penghasilan sendiri di umurnya yang masih remaja, dan juga kreatif untuk menciptakan suatu konten-konten yang menarik di media sosialnya. Sedangkan menurut mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, mempersepsikan secara negatif selebgram Awkarin dan Anya Geraldine adalah remaja yang terkenal di media sosial dengan yang mereka tampilkan tidak sesuai dengan umurnya dan dilarang oleh agama, memperlihatkan gaya hidup yang vulgar, gaya berpakaian yang terbuka dan cara mendapatkan penghasilan yang tidak sesuai dengan ajaran agama islam dan norma-norma yang berlaku. Dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi atau dasar terbentuknya persepsi oleh Vincent, pada dasarnya dibagi menjadi 2 (dua) yaitu faktor internal dan eksternal. Kata kunci : persepsi, selebgram, mahasiswa ABSTRACT STUDENT PERCEPTION ABOUTCELEBRITIES ON INSTAGRAM AWKARIN AND ANYA GERALDINE (CASE STUDY ON ANDALAS UNIVERSITY AND ISLAMIC STATE UNIVERSITY OF IMAM BONJOL STUDENT’S) By: PUTRI ENDAH PARAMITA 1310861012 Advisor: Yesi Puspita, M.Si Novi Elian, SP, M.Si This study examines the perceptions of the students about two selebgrams, Awkarin and Anya Geraldine. Selebgram is a term for popular people in social media instagram. In this case, both of them are popular among students and it creates various perceptions. This study aims to determine the perception of the students from Andalas University and Islamic State University of Imam Bonjol about those two selebgrams.Theories used in this research are perception theory, perception formation process with factors influencing perception formation. The method that is used in this study is descriptive method with qualitative approach. In this study there are 6 informants that were found through purposive sampling technique. The techniques of data collection conducted in this research are observation, interview and documentation. The writer uses triangulation source in technical test of data validity. The result shows that the students of Andalas University perceive positively the selebgrams Awkarin and Anya Geraldine as two intelligent teenagers who have perfect body, attractive style of dressing, make their own money in such young age and being creative in creating interesting contents on social media. Besides, according to students of Islamic State University of Imam Bonjol, perceive negatively selebgrams Awkarin and Anya Geraldine are teenagers that are known with their vulgar lifestyle which does not suit their age and forbidden by religion, also their style of dressing and the way they make their own money that are inappropriate with Islam and the prevailing norms. Based on the influencing factors or the beginning of how the perceptions are formed by Vincent, it can be divided into 2 (two) factors; internal and external factors. Keywords: perception, selebgrams, students
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yesi Puspita,M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 07 May 2018 12:14 |
Last Modified: | 07 May 2018 12:14 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33425 |
Actions (login required)
View Item |