PENGAWASAN PEREDARAN PANGAN OLAHAN DALAM NEGERI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN JAMINAN PRODUK HALAL DI KOTA PADANG

Santi, Novita Sari (2018) PENGAWASAN PEREDARAN PANGAN OLAHAN DALAM NEGERI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN JAMINAN PRODUK HALAL DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Absrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Iv)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati, produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, pertenakan, perairan dan air baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan bagi makanan dan minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam penyiapan, pengolahan dan/atau pembuatan makanan atau minuman. Mendukung langkah menjadikan Indonesia sebagai pusat rujukan halal dunia, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) menjalin kerjasama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Dua lembaga ini akan menyamakan standart dalam menangkal bahan makanan dan kosmetika non-halal. Peran LPPOM MUI adalah melindungi umat dari makanan yang tidak halal. Umat di sini bukan hanya konsumen, tapi dalam paham kami di MUI adalah seluruh unsur di negara ini termasuk produsen dan lembaga serta asosiasi. Kerjasama ini merupakan upaya dalam mengendalikan free trade. Karena konsumen Indonesia wajib mengkonsumsi produk yang halal. Permasalahan dalam tulisan ini adalah:1.Bagaimana upaya pengawasan pangan dalam mewujudkan perlidungan konsumen dan jaminan poduk halal di kotaPadang. 2.Apa kendala dalam pengawasan tersebut khususnya di kota Padang. Penelitian bersifat deskiptif analisis,dengan menggunakan metode pendekan yuridis Empiris.Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian melihatkan bahwa: 1. pengawasan adalah sebagai berikut:pengawasan post market, pre-market, dan KIE.2.kendalanya adalah kendala internal dan kendala eksternal. (Kata Kunci : Pangan Olahan Dalam Negeri, Perlindungan Konsumen dan Jaminan Produk Halal)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Linda Elmis, S,H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 May 2018 10:32
Last Modified: 07 May 2018 10:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33413

Actions (login required)

View Item View Item