“Analisis Resepsi Dalam Kasus Penodaan Agama oleh Basuki Tjahaja Purnama di media online Republika” (Studi Pada Khalayak Tionghoa Muslim Kota Padang)

Ikfan, Pratama (2018) “Analisis Resepsi Dalam Kasus Penodaan Agama oleh Basuki Tjahaja Purnama di media online Republika” (Studi Pada Khalayak Tionghoa Muslim Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi ikfan pratama 1310861029.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penodaan agama merupakaan kasus yang dapat membuat perpecahan diantara umat beragama. Hal ini terjadi di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Penodaan agama dilakukan oleh Ahok yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta saat melakukan kampanye guna untuk menjadi Gubernur kembali di Jakarta. Kasus ini menjadi sorotan media massa yang hampir setiap hari dilihat oleh hampir semua orang di Indonesia. Hal ini juga membuat berbagai resepsi masyarakat dan mempengaruhi ras Tionghoa dan agama Islam yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana posisi pemaknaan masyarakat Tionghoa yabg beragama Islam terhadap kasus penodaan agama yang dilakukan oleh Ahok. Dengan menggunakan Teori Resepsi Model Encoding-Decoding Stuart Hall. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan paradigma kontrukvitisme. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai 9 masyarakat Tionghoa yang beragama Islam terhadap kasus penodaan Agama yang dilakukan oleh Ahok yang mereka lihat dimedia massa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa informan memiliki resepsi yang berbeda terhadap pesan yang diberikan media massa. Posisi pemaknaanya, antara lain: posisi dominant-hegemonic position, negotiated position, dan posisi oppositional position. Hubungan masyarakat Tionghoa muslim dengan masyarakat Padang baik-baik saja, hanya tiga dari Sembilan informan yang mengalami perubahan hubungan setelah kasus penodaan agama yang dilakukan oleh Ahok, sama dengan hubungan masyarakat Tionghoa non-muslim, masyarakat Tionghoa muslim Padang mengaku tidak ada perubahan hubungan dengan Tionghoa non-muslim. Kata Kunci : Penodaan agama, Resepsi, media massa, hubungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Emeraldy Cathra, M.Ikom
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 May 2018 15:56
Last Modified: 07 May 2018 15:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33393

Actions (login required)

View Item View Item