PENERAPAN HIDDEN MARKOV MODEL PADA PERAMALAN PELUANG PERPINDAHAN JUMLAH PENGGUNA MERK SIM CARD DI KALANGAN MAHASISWA S1 UNIVERSITAS ANDALAS

Risma, Yulia (2018) PENERAPAN HIDDEN MARKOV MODEL PADA PERAMALAN PELUANG PERPINDAHAN JUMLAH PENGGUNA MERK SIM CARD DI KALANGAN MAHASISWA S1 UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVERSKRIPSIdanabstrakdgwatermark.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BABI(Pendahuluan)denganwatermark.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BABV(penutup)denganwatermark.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKAdenganwatermark.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
pdfjoiner.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hidden Markov Model (HMM) adalah perkembangan dari rantai Markov dimana state tidak dapat diamati secara langsung (tersembunyi), tetapi hanya dapat diobservasi melalui suatu himpunan pengamatan lain. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan peluang perpindahan jumlah pengguna merk SIM card dikalangan mahasiswa S1 Universitas Andalas angkatan 2014 dan 2015 pada tahun 2017 dalam selang waktu satu minggu dengan menggunakan algoritma Baum-Welch dalam Hidden Markov Model dan untuk memprediksi state tersembunyi atau peluang naik, turun atau tetapnya jumlah pengguna merk SIM card Telkomsel atau Indosat pada tahun 2017 dengan menggunakan Decoding Problem. Penelitian ini mengggunakan data perpindahan jumlah pengguna merk SIM card dengan periode satu minggu. Data yang digunakan yaitu data primer dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Hidden Markov Model dapat digunakan untuk meramalkan peluang perpindahan jumlah pengguna merk SIM card dikalangan mahasiswa S1 Universitas Andalas paling tinggi untuk periode satu minggu kedepan yaitu pada SIM card merk Telkomsel ke Indosat dengan menggunakan algoritma Baum-Welch. Pada algoritma Viterbi, dapat diambil kesimpulan bahwa untuk tahun 2017 kemungkinan peluang perpindahan jumlah pengguna merk SIM card yang berpindah dari suatu SIM card merk Telkomsel ke Indosat dan Indosat ke Telkomsel dikalangan mahasiswa S1 Universitas Andalas adalah sama. Kata Kunci: Hidden Markov Model, Decoding Problem, state, algoritma viterbi, algoritma Baum-Welch, SIM card.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. DODI DEVIANTO
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 04 May 2018 15:19
Last Modified: 04 May 2018 15:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33384

Actions (login required)

View Item View Item