DAMPAK PERTANIAN ORGANIK TERHADAP POLA PENGGUNAAN TENAGA KERJA DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Julia, Mardalisa M (2018) DAMPAK PERTANIAN ORGANIK TERHADAP POLA PENGGUNAAN TENAGA KERJA DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (skripsi lengkap)
Tugas Akhir full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menidentifikasi dan mendeskripsikian tambahan jam kerja petani pada usahatani padi organik dan menganalisis pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan pada usahatani padi organik. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dari hasil kuisioner dan sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), BPS Sumatera Barat, Lembaga Sertifikasi Organik (LSO) Sumatera Barat, Balai Penyuluhan serta literatur yang relevan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis Hari Kerja Setara Pria (HKSP) dan Uji t-test untuk pengujian hipotesa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pertanian padi organik berdampak pada peningkatan curahan jam kerja sebanyak 9,8 HKSP/Ha. Hasil uji t-test didapatkan nilai signifikan 0,033<0,05 menunjukan terdapatnya perbedaan rata-rata curahan jam kerja yang signifikan. Pertanian organik juga berdampak pada peningkatan penggunaan tenaga kerja dalam keluarga sebanyak 13,5 HKSP/Ha. Curahan jam kerja perempuan juga meningkat pada kegiatan pengolahan lahan, pemeliharaan dan pengendalian OPT. Penambahan curahan jam kerja petani organik dialokasikan pada tenaga kerja laki-laki dalam keluarga. Penelitian ini merekomendasikan pertanian organik sebaiknya mampu lebih banyak menyumbang pendapatan keluarga dibandingkan pertanian padi nonorganik karena pertanian organik lebih banyak menyerap tenaga kerja dan perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui kontribusi pertanian organik terhadap pendapatan total keluarga. Kata kunci: pertanian organik, tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Osmet, M.Sc.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 04 May 2018 12:50
Last Modified: 04 May 2018 12:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33371

Actions (login required)

View Item View Item