KELIMPAHAN DAN POLA AKTIVITAS KIJANG (Muntiacus muntjak, ZIMMERMANN 1780) DI KAWASAN HUTAN KONSERVASI PROF. DR. SUMITRO DJOJOHADIKUSUMO PT. TIDAR KERINCI AGUNG (TKA)

Qorry, Oktaviani (2018) KELIMPAHAN DAN POLA AKTIVITAS KIJANG (Muntiacus muntjak, ZIMMERMANN 1780) DI KAWASAN HUTAN KONSERVASI PROF. DR. SUMITRO DJOJOHADIKUSUMO PT. TIDAR KERINCI AGUNG (TKA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
BAB AKHIR (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img] Text (skripsi full tex)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kijang (Muntiacus muntjak Zimmermann 1780) merupakan satwa liar yang habitatnya tersebar didaerah-daerah Sumatera, Jawa, Bali, da Lombok. Keberadaan kijang dialam kurang mendapat perhatian dari pihak-pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelimpahan kijang di Kawasan Hutan Konservasi Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo PT. Tidar Kerinci Agung (TKA). Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juli hingga September 2017. Metode yang digunakan adalah metode survai dan teknik pengambilan data berupa foto dengan menggunakan perangkap kamera. Kijang yang didapatkan di Kawasan Konservasi Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo PT. Tidar Kerinci Agung (TKA), dengan ciri-ciri morfologi antara lain warna tubuh kuning kecoklatan, pada bagian atas ekor berwarna kuning gelap dan bagian bawah putih krem serta individu jantan memiliki tanduk sedangkan betina tidak. Kelimpahan total kijang yang didapatkan adalah 0,33 foto/trap night dengan 97 foto kijang. Kelimpahan kijang terendah didapatkan pada titik pemasangan perangkap kamera pada Kawasan Hutan 72 dan Kawasan Hutan Sungai Basa dengan kelimpahan 0,001 foto/trap night. Kelimpahan kijang tertinggi terdapat pada titik lokasi pemasangan kamera Kawasan Hutan Kemarau Basah dengan nilai kelimpahan 0,010 foto/trap night. Pola aktivitas kijang paling aktif pada pagi hari terdapat pada rentang waktu 07.00 sampai 09.00 WIB sedangkan waktu yang paling aktif pada malam hari terdapat pada rentang waktu 17.00 sampai 19.00 WIB. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan masih sedikitnya kelimpahan kijang di kawasan konservasi dan data ini dapat dijadikan sebagai data acuan untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci : Muntiacus muntjak, deskripsi, kelimpahan dan pola aktivitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Wilson Novarino
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 04 May 2018 10:59
Last Modified: 04 May 2018 10:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33360

Actions (login required)

View Item View Item