Estimasi Cadangan Karbon pada Permukaan Tanah di Areal Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Nagari Sirukam, Kabupaten Solok, Kecamatan Payung Sekaki Sumatera Barat

Putri, Wulandari (2018) Estimasi Cadangan Karbon pada Permukaan Tanah di Areal Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Nagari Sirukam, Kabupaten Solok, Kecamatan Payung Sekaki Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian“Estimasi Cadangan Karbon Pada Permukaan Tanah di Areal Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Nagari Sirukam, Kabupaten Solok, Kecamatan Payung Sekaki Sumatera Barat” yang telah dilaksanakan dari bulan November 2017 – Januari 2018. Tujuan untuk mengetahui komposisi jenis dan nilai cadangan karbon pada masing-masing strata di areal PHBM Nagari Sirukam, Kabupaten Solok, serta untuk mengetahui nilai total cadangan karbon dan jenis tumbuhan yang memiliki nilai cadangan karbon tertinggi di areal PHBM Nagari Sirukam, Kabupaten Solok. Penelitian ini dilakukan dengan metode non-destructive sampling untuk pengukuran biomassa pohon, tiang serta pancang dan metode destructive sampling untuk pengukuran biomassa tumbuhan bawah dan serasah. Analisis data berupa penghitungan cadangan karbon dari biomassa hidup dan bahan organik mati. Hasil penelitian ditemukan 14 jenis tumbuhan dalam 10 famili dengan 63 individu. Total nilai biomassa pada permukaan tanah di PHBM Nagari Sirukam adalah 33.171,808 Kg dengan nilai total cadangan karbon sebesar 110.087,884 Kg/Ha atau 110,087 Ton/Ha. Nilai biomassa dan cadangan karbon tertinggi adalah Fagraea fragrans Roxl (Tembesu) dari famili Gentianacea sebesar 14.183,559 Kg dan cadangan karbon sebesar 40.777,733 Kg/Ha atau 40,77 Ton/Ha. Kata Kunci: Biomassa, Cadangan Karbon, Fagraea fragrans Roxl dan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) .

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. CHAIRUL
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 04 May 2018 10:57
Last Modified: 04 May 2018 10:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33339

Actions (login required)

View Item View Item