PERILAKU KOMUNIKASI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PELAYANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik )

Dilla, Angraini (2018) PERILAKU KOMUNIKASI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PELAYANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstraj)
1 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (BAB I)
2 BAB 1.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB 5)
3 BAB akhir.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text
5 Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERILAKU KOMUNIKASI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PELAYANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas) OLEH: DILLA ANGRAINI 1310862011 Pembimbing: Dr. Ernita Arif, M.Si M.A Dalmenda, M.Si Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas merupakan tenaga penunjang akademik yang bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan di Universitas Andalas. Untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas administrasi dikampus penentunya adalah komunikasi yang efektif. Proses komunikasi tentu saja ditemukan hambatan atau gangguan yang terjadi antara tenaga kependidikan dengan mahasiswa. Penelitian ini mendeskripsikan perilaku komunikasi tenaga kependidikan dalam pelayanan mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas andalas serta mengetahui hambatan atau gangguan komunikasi. Memahami perilaku komunikasi tenaga kependidikan tersebut, maka peneliti menganalisis menggunakan Teori interaksionisme Simbolik yang dikemukanan oleh George Herbert Mead dengan tiga pokok pemikiran utama, yaitu Self, Mind, dan Society, serta menganalisis perilaku komunikasi melalui komunikasi verbal dan non verbal tenaga kependidikan dalam pelayanan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data delakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses pelayanan tenaga kependidikan menggunakan pesan verbal dan non verbal. Dari segi komunikasi verbal tenaga kependidikan umumnya menggunakan bahasa indonesia dan beberapa bahasa daerah. Selain itu, dari segi komunikasi non verbal tenaga kependidikan menggunakan nada suara, isyarat dan gerakan tubuh, artifak, ekspresi wajah, proksemik dan tempat pribadi dalam pelayanan. Secara umum mahasiswa di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas lebih senang dengan tenaga kependidikan yang berinteraksi dengan ramah. Sementara hambatan atau gangguan komunikasi adalah perbedaan makna pesan antara tenaga kependidikan dengan mahasiswa. Kata Kunci: Perilaku Komunikasi, Verbal, Non Verbal, Hambatan Komunikasi, Tenaga Kependidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 04 May 2018 10:55
Last Modified: 04 May 2018 10:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33330

Actions (login required)

View Item View Item