PENGEMBANGAN MODEL BANGKITAN PERJALANAN ZONA PERUMAHAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TIPE DAN UMUR PERUMAHAN (Studi Kasus perumahan di Kota Padang)

RINI AMELIA, SARI (2016) PENGEMBANGAN MODEL BANGKITAN PERJALANAN ZONA PERUMAHAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TIPE DAN UMUR PERUMAHAN (Studi Kasus perumahan di Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis full text)
1216.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kota Padang sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat adalah kota yang berfungsi sebagai pusat perkantoran dan pusat pendidikan. Pertumbuhan kota yang cukup pesat juga di barengi dengan bertambahnya jumlah penduduk dan tentu juga menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan perumahan, sarana kota dan transportasi. Perluasan kota yang tidak diikuti dengan pengembangan infrastruktur dapat mengakibatkan timbulnya permasalahan-permasalahan, salah satunya adalah masalah transportasi. Penelitian ini bertujuan memodelkan bangkitan pergerakan yang dilakukan oleh perumahan-perumahan yang ada di Kota Padang. Dengan mempertimbangkan variabel Tipe dan Umur Perumahan sebagai variabel tambahan di dalam model selain variabel sosio ekonomi, dengan tujuan menyederhanakan model dan memudahkan untuk memprediksi bangkitan perjalanan dari perumahan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa umur perumahan berkorelasi sangat rendah dengan bangkitan perjalanan perumahan. Yang berarti variabel umur perumahan tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap bangkitan perjalanan dari perumahan. Sedangkan variabel tipe rumah memberikan korelasi yang cukup tinggi dengan bangkitan perjalanan dengan mobil dengan R2 sebesar 0,583, hal yang berbeda terjadi pada korelasi tipe rumah dengan bangkitan perjalanan dengan sepeda motor yaitu dengan R2 sangat rendah yaitu 0,09. Dalam penelitian ini variabel yang berkorelasi tinggi dalam bangkitan perjalanan adalah kepemilikan kendaraan, jumlah anggota keluarga dan anggaran yang mereka sediakan untuk transportasi. Pemodelan bangkitan perjalanan dengan sepeda motor mempunyai prilaku yang berbeda dengan bangkitan perjalanan oleh mobil. Pemodelan bangkitan oleh sepeda motor tidak di pengaruhi oleh tingkat ekonomi masyarakat, sedangkan bangkitan perjalanan oleh mobil berkorelasi positif dengan penghasilan masyarakat. Dari penelitian ini di hasilkan 12 model bangkitan perjalanan dari perumahan yang di dapatkan dari data total sampel dan dari sampel yang di bagi berdasarkan tipe rumah (Tipe Rumah 45, 70 dan 100). Nilai determinasi dari pemodelan ini umumnya berkisar pada angka 0,5. Yang berarti bahwa ada faktor lain yang mempengaruhi bangkitan perjalanan dari perumahan diluar dari variabel yang di teliti. Persamaan yang di dapatkan dari proses regresi linier antara Tipe rumah dengan bangkitan perjalanan dengan mobil adalah Y = 0,0379 X +1,3473 dengan Y adalah bangkitan perjalanan dengan mobil, dan X adalah Tipe Rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Rizki Rahmai Putra
Date Deposited: 07 Mar 2016 03:29
Last Modified: 07 Mar 2016 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item