HUBUNGAN DIMENSI UKUR PADA METODE SERVQUAL DENGAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA ASURANSI KESEHATAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS)

Vivi, Ruliyanty (2018) HUBUNGAN DIMENSI UKUR PADA METODE SERVQUAL DENGAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA ASURANSI KESEHATAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS). Masters thesis, Univestitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I - Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI - Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (91MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN DIMENSI UKUR PADA METODE SERVQUAL DENGAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA ASURANSI KESEHATAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) (SUATU STUDI DI RUANG RAWATAN KEBIDANAN RSUD DR M ZEIN PAINAN) Vivi Ruliyanty, Syahredi, Joserizal Serudji, Susanti Apriani Bagian Obstetri dan GinekologiFakultas Kedokteran Universitas Andalas/ RSUP Dr. M. Djamil Padang Latar Belakang: Tingkat kepuasan peserta BPJS merupakan salah satu tolak ukur kualitas pelayanan. Terdapat beberapa pendekatan untuk menilai kepuasan, salah satunya adalah metode Servqual dengan lima dimensi ukur, yaitu keberwujudan (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Tujuan: Mengetahui hubungan antara dimensi ukur metode Servqual dengan tingkat kepuasan peserta asuransi BPJS di ruang rawatan RSUD Dr M Zein Painan Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik menggunakan desain cross sectional untukmencari hubungan antara variabel dependen (tingkat kepuasan peserta BPJS di ruang rawatan kebidanan RSUD M Zein Painanpada pelayanan loket BPJS, UGD, laboratorium, pelayanan farmasi dan rawatan kebidanan) dan variabel independen (dimensi mutu SERVQUAL) dengan teknik consecutive sampling. Terdapat 106 orang sampel pada penelitian yang dilakukan bulanJanuari-Februari2018. Analisis univariat dilakukan denganImportance Performance Analysisdengan metode analisis mean.Analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan chi square testdengan derajat kepercayaan 95% dengan tingkat kemaknaan p<0,05.Analisis multivariat dilakukan dengan uji regresi logistik ganda metode backward LR. Hasil: Rerata kesesuaian (tingkat kepuasan)terhadap dimensi tangible adalah 87,95%, dimensi reliability 86,56%, dimensi responsiveness 88,9%, dimensi assurance 87,3%, dimensi empathy 89,11%. Sebanyak 59,4% ( 63 responden ) tidak puas, dan sisanya 40,6% ( 43 responden) puas terhadap pelayanan BPJS di UGD, loket BPJS, laboratorium, unit farmasi dan ruang rawatan kebidanan RSUD DR M Zein Painan. Terdapat hubungan antara masing-masing dimensi tangible, reliable, responsiveness, assurance, dan empathy dengan tingkat kepuasan peserta BPJS dengan nilai p yang sama yaitu p=0,000 (p<0,05). Di antara kelima dimensi servqual tersebut, dimensi responsiveness merupakan dimensi dominan yang berhubungan dengan tingkat kepuasan peserta BPJS dengan nilai OR 5,1. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara masing-masing dimensi ukur metode Servqual dengan tingkat kepuasan peserta BPJS di ruang rawatan kebidanan RSUD DR M Zein Painan. Kata Kunci: Dimensi ukur servqual, tingkat kepuasan, BPJS

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Syahreza SA, Sp.OG(K)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 30 Apr 2018 14:50
Last Modified: 30 Apr 2018 14:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33243

Actions (login required)

View Item View Item