PERANAN PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PENANGGULANGAN KASUS PENYELUNDUPAN NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BIARO BUKITTINGGI

Faradila, Faradila (2018) PERANAN PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PENANGGULANGAN KASUS PENYELUNDUPAN NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BIARO BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyelundupan dapat diartikan yaitu pemasukan barang secara gelap untuk menghindari bea masuk atau karena menyelundupkan barang- barang terlarang termasuk narkotika. Kasus penyelundupan narkotika pernah terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Biaro Bukittinggi pada tahun 2016 yang dilakukan oleh terpidana Febri Bin Syafri pgl Febri. Kemudian kasus ini diketahui oleh petugas lapas karena mencurigai gerak gerik dari salah satu pengunjung yang bernama Febri. Sehingga Petugas Lembaga Pemasyarakatan melakukan penggeledahan terhadap Febri dan ternyata ditemukanlah narkotika jenis sabu- subu di dalam barang bawaannya. Untuk itu permasalahan yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peranan Petugas Lembaga Pemasyarakatan dalam Penanggulangan Penyelundupan Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Biaro Bukittinggi ? (2) Apa saja Kendala yang dihadapi oleh Petugas Lembaga Pemasyarakatan dalam Penanggulangan Penyelundupan Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Biaro Bukittinggi?. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian yang bersifat yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengelolaan data dilakukan dengan cara editing terhadap data yang telah dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan peranan Petugas Lapas dalam penanggulangan penyelundupan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Biaro Bukittinggi sudah berperan tetapi belum maksimal, dapat dilihat dari upaya atau kinerja yang dilakukan oleh petugas Lapas dalam penanggulangan penyelundupan narkotika yaitu upaya preventif berupa memaksimalkan penggeledahan, membatasi dan melarang petugas yang lepas Dinas, meningkatkan sarana dan prasarana serta mutu SDM petugas lapas dan melakukan pembinaan terhadap setiap narapidana serta upaya represif. Dan kendala yang dihadapai oleh Petugas Lapas dalam penanggulangan penyelundupan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Biaro Bukittinggi adalah keterbatasan sarana dan prasarana penunjang program kerja, kurangnya mutu SDM petugas serta kurangnya jumlah petugas Lapas dan minimnya dana yang diberikan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 04 May 2018 11:43
Last Modified: 04 May 2018 11:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33209

Actions (login required)

View Item View Item