Intan, Rahma Putri (2018) Peran Humas Dalam Meningkatkan Reputasi Universitas Andalas (Studi Manajemen Krisis di Tahun 2016-2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version Download (474kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
Bab V. Penutup.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (129kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN REPUTASI UNIVERSITAS ANDALAS (Studi Manajemen Krisis di Tahun 2016-2017) Oleh: INTAN RAHMA PUTRI 1310861020 Pembimbing Yesi Puspita, S.Sos, M.Si Novi Elian, SP, M.Si Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran humas dalam sebuah institusi untuk meningkatkan reputasi institusinya. Dalam hal ini meningkatkan reputasi dilihat melalui peran humas Universitas Andalas dalam menyelesaikan krisis yang terjadi di Universitas Andalas pada tahun 2016-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja humas Universitas Andalas dalam menghadapi manajemen krisis di Universitas Andalas tahun 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sub Bagian Humas dan Staff Senior Humas Universitas Andalas. Untuk mendapatkan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Model manjemen krisis yang digunakan untuk mengetahui tahapan dan penyelesaian krisis, peneliti menggunakan model tahapan krisis oleh Steven Fink. Peneliti menggunakan triangulasi data dalam teknik validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas Universitas Andalas mengacu kepada konsep Dozier dan Broom. Dilihat dari empat peran yang dikemukakan, humas hanya bisa melaksanakan dua peran yaitu, sebagai fasilitator komunikasi dan teknisi komunikasi. Berdasarkan studi manajemen krisis, krisis yang terjadi pada tahun 2016 termasuk kepada tipe krisis bertahan. Pada tahun 2017 termasuk kepada tipe krisis yang bersifat segera. Sesuai dengan model tahapan krisis oleh Steven Fink, krisis yang terjadi di Universitas Andalas diselesaikan oleh humas Universitas Andalas, dengan mengelompokkan kepada tahapan krisis yaitu, tahap prodromal, tahap akut, tahap kronik, dan tahap resolusi. Kata Kunci : Manajemen Krisis, Universitas Andalas, Humas Universitas Andalas, Model Tahapan Krisis Steven Fink
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yesi Puspita, S.Sos, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 13:14 |
Last Modified: | 23 Apr 2018 13:14 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33111 |
Actions (login required)
View Item |