PENGARUH DOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEN KASAR DAN RETENSI NITROGEN DARI KULIT BUAH KAKAO

Jefri, Yedi (2018) PENGARUH DOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEN KASAR DAN RETENSI NITROGEN DARI KULIT BUAH KAKAO. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir (penutup/kesimpulan))
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi dengan Lentinusedodestehadap kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen dari kulit buah kakao (KBK). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor A (dosis inokulum) yaitu : A1(6% dari jumlah substrat), A2(8% dari jumlah substrat), A310% dari jumlah substrat) kemudian faktor B (lama fermentasi) yaitu : B1(7 hari), B2(9 hari), B3(11 hari). Peubah yang diamati yaitu : kandungan bahan kering (%), protein kasar (%BK) dan retensi nitrogen (%BK). Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara masing–masing faktor yaitu dosis inokulum dan lama fermentasi yang memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering dari kulit buah kakao fermentasi, namun terjadi interaksi antara dosis inokulum dan lama fermentasi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan protein kasar dan retensi nitrogen. Hasil uji DMRT menunjukkan bahwa dosis inokulum 10% dan lama fermentasi 11 hari nyata (P<0,05) lebih tinggi terhadap kandungan protein kasar dan retensi nitrogen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dosis inokulum 10% dan lama fermentasi 9 hari merupakan perlakuan terbaik dengan kondisi optimal (lebih efektif) dari kulit buah kakao fermentasi dengan Lentinusedodes. Pada kondisi ini diperolehkandungan bahan kering 36,28%, protein kasar 19,13% dan retensi nitrogen 61,74%. Kata kunci : KBK, Lentinusedodes, protein kasar dan retensi nitrogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PROF. DR. IR. NURAINI, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 18 Apr 2018 11:30
Last Modified: 18 Apr 2018 11:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33082

Actions (login required)

View Item View Item