PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BANK SAMPAH BERBASIS WEB DAN MOBILE DENGAN FITUR LOKASI PADA BANK SAMPAH ENVIRO ANDALAS

Mella, Andriani (2018) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BANK SAMPAH BERBASIS WEB DAN MOBILE DENGAN FITUR LOKASI PADA BANK SAMPAH ENVIRO ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover-abstract.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir (Penutup atau Kesimpulan))
3. Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Laporan Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Bank Sampah Enviro Andalas bergerak dalam bidang pengelolaan sampah kering layak jual. Kegiatan pengelolaan bank sampah meliputi pendaftaran nasabah, transaksi bank sampah dan penjemputan sampah yang akan ditabung. Dalam pelaksanaan pengelolaan bank sampah enviro andalas, kegiatan pengelolaan dilakukan belum berjalan dengan optimal. Banyaknya jumlah nasabah dan transaksi yang terjadi mengakibatkan kesulitan dalam memantau kinerja dan transaksi yang berjalan secara realtime. Petugas bank sampah juga kesulitan menemukan lokasi penjemputan sampah karena petunjuk lokasi diberikan oleh nasabah melalui panggilan telepon. Maka dari itu perlu dibuatkan sistem informasi pengelolaan bank sampah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan pembangunan sistem informasi pengelolaan bank sampah pada Bank Sampah Enviro Andalas. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis, merancang, membangun, serta menguji sistem informasi pengelolaan bank sampah pada Bank Sampah Enviro Andalas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan studi literatur. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Pada penelitian ini tahapan metode waterfall yang digunakan yaitu requirements definitions, system and software design, implementation, system testing. Pengujian aplikasi dilakukan dengan black box testing dan user acceptance testing. Pengujian aplikasi dilakukan oleh teller, nasabah dan pimpinan Bank Sampah Enviro Andalas. Pengujian yang dilakukan pada dua puluh satu fungsional telah sesuai dengan rancangan awal sistem dan kebutuhan user. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi pengelolaan bank sampah berbasis web dan mobile dengan fitur lokasi yang dapat diterapkan pada Bank Sampah Enviro Andalas agar sistem pengelolaan bank sampah pada Bank Sampah Enviro Andalas dapat berjalan dengan lebih optimal. Kata kunci : Sistem Informasi, pengelolaan, bank sampah, Bank Sampah Enviro Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Husnil Kamil, MT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 07 May 2018 15:38
Last Modified: 07 May 2018 15:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33057

Actions (login required)

View Item View Item