INTERAKSI GENETIK DAN LINGKUNGAN GALUR-GALUR HARAPAN PADI MERAH TIPE BARU KAYA PROTEIN PADA DUA LOKASI YANG BERBEDA DI SUMATERA BARAT

SANNA, PAIJA HASIBUAN (2017) INTERAKSI GENETIK DAN LINGKUNGAN GALUR-GALUR HARAPAN PADI MERAH TIPE BARU KAYA PROTEIN PADA DUA LOKASI YANG BERBEDA DI SUMATERA BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (FULL TESIS)
INTERAKSI GENETIK DAN LINGKUNGAN GALUR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi genotipe x lingkungan beberapa galur-galur harapan padi merah yang ditanam pada dua lokasi di Sumatera Barat, untuk mendapatkan galur yang memiliki stabilitas hasil tinggi dan beradaptasi luas atau beradaptasi spesifik wilayah, dan untuk mengetahui heritabilitas komponen hasil dan hasil galur-galur harapan yang ditanam pada dua lokasi. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli – Oktober 2017 bertempat di Nagari Ujung Gading, Lembah Melintang, Pasaman Barat dan Kelurahan Pasar Ambacang, Kuranji, Padang. Material genetik yang digunakan adalah galur-galur harapan padi merah generasi F7 hasil persilangan Kultivar Karajut dan Varietas Fatmawati. Metode penelitian yaitu berupa eksperimen dengan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 kelompok. Pengamatan yang dilakukan adalah pengamatan karakter hasil dan komponen hasil. Analisis Rancangan Petak Terbagi menggunakan aplikasi Statistical Tool for Agricultural Research (STAR) dan analisis kandungan protein dilakukan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa galur-galur harapan padi merah menunjukkan stabilitas yang baik terhadap karakter bobot gabah total per petak yaitu galur KF42-2-3, KF42-4-2 B, KF42-9-3, dan KF42-13-2. Galur-galur harapan padi merah stabil terhadap kandungan protein pada kedua lokasi, kecuali galur KF42-4-2 B. Galur - galur harapan padi merah memiliki heritabilitas yang tinggi pada semua karakter, kecuali karakter panjang malai, jumlah gabah total per malai, jumlah gabah isi per malai, dan bobot gabah isi per malai. Kata kunci : Padi merah, galur harapan, adaptasi, interaksi genetik dan lingkungan, Stabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Etti Swasti, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 11 Apr 2018 16:55
Last Modified: 11 Apr 2018 16:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33027

Actions (login required)

View Item View Item