PENGARUH GULMA SEMANGGI (Marsilea crenata) DAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL DARI PADI (Oryza sativa L.) DALAM SISTEM BUDIDAYA MINAPADI

SHERLY, MONICA (2017) PENGARUH GULMA SEMANGGI (Marsilea crenata) DAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL DARI PADI (Oryza sativa L.) DALAM SISTEM BUDIDAYA MINAPADI. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (KESIMPULAN))
BAB AKHIR (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESISSS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Percobaan lapangan dilakukan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang, Indonesia dari bulan Februari sampai Mei 2017. Tujuan dari percobaan ini adalah (1) Mengetahui interaksi antara gulma Marsilea crenata dengan ikan Oreochromis niloticus pada Pertumbuhan dan hasil padi dalam sistem "minapadi", (2) pengaruh Marsilea crenata terhadap pertumbuhan dan hasil padi dalam "minapadi" dalam sistem minapadi, dan (3) Mengetahui jumlah ikan yang lebih baik pada pertumbuhan dan Hasil padi. Perlakuan disusun dengan rancangan acak lengkap dengan pola faktorial 2x5 dan empat ulangan. Faktor pertama adalah Marsilea crenata, dan tidak ada Marsilea crenata di sawah. Dan faktor kedua adalah jumlah ikan nila yaitu 0, 5,10,15, dan 20 ekor ikan /m². Data dianalisis dengan uji F dan dilanjutkan dengan DNMRT pada tingkat 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap berat ikan pada populasi 20 ekor ikan/m² dengan berat 293.28 gram/m² lebih tinggi dibandingkan pada populasi 5, 10, 15, 20 ekor ikan /m² dengan berat 71.34, 135.93, 205.47 gram/m². dengan rata-rata panjang ikan berkisar antara 6.02 sampai 9.45 cm. Tidak ada pengaruh dari gulma Marsilea crenata dan jumlah ikan nila terhadap hasil tanaman padi. Kata Kunci : Marsilea crenata, Semanggi, Oreochronis niloticus, Padi, Ikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 11 Apr 2018 16:21
Last Modified: 11 Apr 2018 16:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33026

Actions (login required)

View Item View Item