PENGAMATAN TEKSTUR PERMUKAAN SELF ALIGNING BALL BEARING PADA PELUMAS BIO DENGAN PENAMBAHAN ZAT ADITIF OIL TREATMENT & GARLIC OIL

Arafi, Adi Putra (2018) PENGAMATAN TEKSTUR PERMUKAAN SELF ALIGNING BALL BEARING PADA PELUMAS BIO DENGAN PENAMBAHAN ZAT ADITIF OIL TREATMENT & GARLIC OIL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover+Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Tugas Akhir)
TA 1210912003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pelumas bio mulai dikembangkan untuk dijadikan sebagai alternatif pelumas dengan sifat yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan pelumas mineral yang sulit terurai pada lingkungan. Penelitian ini menggunakan pelumas bio yang berasal dari miyak sawit dan minyak kopra dan untuk meningkatkan sifat fisik dari pelumas bio, dilakukan penambahan 5% wt zat aditif. Pada penelitian ini, oil treatment dan garlic oil dipilih sebagai zat aditif karena keduanya memiliki sifat anti-wear. Dari hasil data pengujian sifat fisik dari minyak sawit dan minyak kopra yang telah dicampur dengan zat aditif menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatkan sifat fisik dan sifat pelumasan dari pelumas bio. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kualitas pelumasan dari base oil yang telah ditambahkan zat aditif (oil treatment dan garlic oil) dan tanpa penambahan zat aditif. Pengujian wear dilakukan pada self aligning ball bearing menggunakan alat uji ball bearing wear apparatus. Bearing yang telah diuji selanjutnya dilakukan pengamatan pada bagian inner race dan outer dari bearing dengan menggunakan alat mikroskop optik stereo untuk melihat fenomena keausan yang terjadi. Dari hasil pengamatan foto mikro menunjukkan bahwa pelumas bio tanpa penambahan zat aditif menampilkan permukaan yang lebih cepat aus dan kasar, serta terdapat lobang-lobang kecil (flake) pada permukaan bearing. Pelumas bio yang ditambah zat aditif (oil treatment dan garlic oil) menghasilkan permukaan yang lebih halus dan mampu meminimalisir kemunculan lobang-lobang kecil (flake) pada permukaan bearing. Hasil dari data wear scar width menunjukkan bahwa scar width dari pelumas bio dengan penambahan zat aditif lebih kecil jika dibandingkan dengan pelumas bio tanpa zat aditif. Kata kunci: Pelumas bio, wear, zat aditif, oil treatment, garlic oil, self aligning ball bearing, inner race, outer race, flake, wear scar width.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dedison Gasni, Ph.D
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 05 Apr 2018 11:18
Last Modified: 05 Apr 2018 11:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32975

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item