"PARTISIPASI PETERNAK TERHADAP KEGIATAN PENYULUHAN (STUDI KASUS: KELOMPOK TERNAK SAPI POTONG SAWAH RANGAH DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG)"

DINUL, ARFAN (2018) "PARTISIPASI PETERNAK TERHADAP KEGIATAN PENYULUHAN (STUDI KASUS: KELOMPOK TERNAK SAPI POTONG SAWAH RANGAH DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG)". Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PARTISIPASI PETERNAK TERHADAP KEGIATAN PENYULUHAN (STUDI KASUS : KELOMPOK TERNAK SAPI POTONG SAWAH RANGAH DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG) ABSTRAK DINUL ARFAN, dibawah bimbingan Dr.Ir. Fuad Madarisa, M.Sc dan Ir. Edwin Heryanto,M.P Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal yaitu: profil kelompok Sawah Rangah dan partisipasi dari peternak Sawah Rangah terhadap kegiatan penyuluhan. Pengambilan data sekunder dilaksanakan pada 23 Agustus 2017 dan pengambilan data primer dilaksanakan pada tanggal 27 November sampai dengan 4 Desember 2017. Metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah metode survei, dan teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dan wawancara langsung kepada semua anggota dari kelompok peternak Sawah Rangah. Berdasarkan hasil penelitian, nama kelompok: SawahRangah. Tahun berdiri kelompok pada tanggal 1 Januari 2015. Kelompok ini memiliki struktur organisasi: Ketua, Wakil, Sektretaris, dan Bendahara. Kelompokinimempunyaianggotasebanyak 30 orang (termasuk perangkat kelompok). Kelompok ini juga mempunyai registrasi dari penyuluh: No. 520.2016 / LMSL. V / 2016, dan Badan Hukum: No. 5.-. Pada tahun 2017, kelompok ini memiliki jumlah sapi sebanyak: 1.) 67 ekor (sapi pribadi), 2.) 18 ekor (sapi kelompok). Karakteristik dari responden yang berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 77%. Umur responden yang berada dalam usia produktif (15-64 tahun) yaitu sebanyak 67%.Tingkat Pendidikan terendah responden berpendidikan yang kurang dari wajib 9 tahun belajar yaitu sebanyak 70%. Jumlah anggota keluarga responden kurangdari 5 orang yaitu sebesar 4,83 orang. Rata-rata jumlah sapi potong yang dipelihara oleh seorang responden yaitu sebesar 2,83 ekor. Partisipasi peternak dari kelompok Sawah Rangah terhadap kegiatan penyuluhan: 1.) Peternak yang terdaftar sebagai anggota kelompok yaitu sebesar 77%. 2.) Persentase dari anggota peternak yang membayar iuran kelompok sebesar 3%. 3.) Kehadiran peternak dari kelompok Sawah Rangah dalam kegiatan penyuluhan yang pernah hadir, dengan kriteria persentase paling tinggi yaitu sebesar 74%. 4.) Persentase dari anggota peternak Sawah Rangah yang ikut berdiskusi dalam kegiatan penyuluhan sebanyak 17%. Maka, dapat disimpulkan bahwa partisipasi dari kelompok Sawah Rangah dalam mengikuti kegiatan penyuluhan sebesar 43%. Kata Kunci :Partisipasi, Peternak, Sawah Rangah, Kegiatan Penyuluhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Fuad Madarisa, M.Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 04 Apr 2018 11:39
Last Modified: 04 Apr 2018 11:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32962

Actions (login required)

View Item View Item