PENGUKURAN LAJU INFILTRASI PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq) DENGAN TINGKAT UMUR YANG BERBEDA DI NAGARI TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

Abdian, Setyadi (2018) PENGUKURAN LAJU INFILTRASI PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq) DENGAN TINGKAT UMUR YANG BERBEDA DI NAGARI TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian mengenai pengukuran laju infiltrasi pada lahan kelapa sawit dengan tingkat umur yang berbeda (5, 15, 22 tahun) dan lahan terlantar (kontrol) telah dilaksanakan di Nagari Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai dan kriteria laju infiltrasi pada lahan kelapa sawit dari tingkat umur yang berbeda di Nagari Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Metoda yang digunakan adalah metode survey. Sampel tanah utuh dan terganggu diambil pada kedalaman 0-30 cm dan 30-60 cm kemudian dilakukan pengukuran laju infiltrasi pada setiap lokasi. Pada bulan Mei sampai Juli 2017 sampel tanah dianalisis di Laboratorium Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Parameter yang dianalisis yaitu tekstur tanah, bahan organik tanah, berat volume, total ruang pori, dan indeks stabilitas agregat tanah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa laju infiltrasi semakin cepat seiring bertambahnya umur tanaman. Tekstur tanah didominasi oleh liat berdebu (>40 % liat) pada lahan kelapa sawit berumur 15 dan 22 tahun dengan endapan alluvial dari sungai batang timpeh, liat berpasir - lempung liat berpasir (>40% pasir) pada lahan kelapa sawit berumur 5 tahun dan lahan terlantar dengan fisiografi bukit kapur (kars) dan endapan alluvial dari sungai Ngalau, Bulian dan Batang timpeh. Bahan organik termasuk kriteria sangat rendah - rendah (1,07 - 3,9 %). Nilai berat volume tanah termasuk kriteria sedang - tinggi ( 0,94 - 1,39 g/cm3). Nilai total ruang pori termasuk rendah - sedang (50,4 - 59,2 %), sedangkan indeks stabilitas agregat termasuk kriteria tidak mantap - sangat mantap (24,62 - 186,6). Kata Kunci : Lahan Terlantar, Laju Infiltrasi, Perkebunan Kelapa Sawit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Yulnafatmawita,MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 04 Apr 2018 14:55
Last Modified: 04 Apr 2018 14:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32955

Actions (login required)

View Item View Item