RESPON DENYUT NADI TERHADAP AKTIVITAS FISIK SUBMAKSIMAL PADA KELOMPOK YANG MELAKUKAN OLAHRAGA SECARA RUTIN DAN KELOMPOK YANG TIDAK MELAKUKAN OLAHRAGA SECARA RUTIN

Fariz, Hidayatullah (2018) RESPON DENYUT NADI TERHADAP AKTIVITAS FISIK SUBMAKSIMAL PADA KELOMPOK YANG MELAKUKAN OLAHRAGA SECARA RUTIN DAN KELOMPOK YANG TIDAK MELAKUKAN OLAHRAGA SECARA RUTIN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka dan memerlukan energi, termasuk aktivitas yang dilakukan saat bekerja, bermain, melakukan pekerjaan rumah tangga, bepergian, dan terlibat dalam kegiatan rekreasi. Olahraga rutin dan teratur dalam jangka waktu lama akan menimbulkan peningkatan efisiensi fungsi kardiovaskular. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon nadi terhadap aktivitas fisik submaksimal pada kelompok yang melakukan olahraga secara rutin dan kelompok yang tidak melakukan olahraga secara rutin. Penelitian ini ialah penelitian analitik komparatif numerik tidak berpasangan dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 responden dan dibagi menjadi dua kelompok, kelompok yang berolahraga rutin 26 responden, kelompok yang tidak berolahraga rutin 26 responden. Masing-masing kelompok melakukan Harvard Step Test. Hasil penelitian univariat sebagian besar responden berusia 19 tahun dan 21 tahun (30,8%), dengan IMT rata rata 22,0217. Hasil analisis data yang digunakan adalah uji t-independent dengan hasil bivariat menunjukkan terdapat perbedaan bermakna (p= 0,02 <0,05) respon nadi terhadap Harvard Step Test pada kelompok yang berolahraga secara rutin dan kelompok yang tidak berolahraga secara rutin. Kata kunci: olahraga, respon nadi, harvard step test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Afriwardi, Sp KO, M.A
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 02 Apr 2018 16:13
Last Modified: 02 Apr 2018 16:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32911

Actions (login required)

View Item View Item