KEDUDUKAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN ASING BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 59 TAHUN 2016 TENTANG ORGANISASI KEMASYARAKATAN YANG DIDIRIKAN OLEH WARGA NEGARA ASING

Meizhura, Ayu karana (2018) KEDUDUKAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN ASING BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 59 TAHUN 2016 TENTANG ORGANISASI KEMASYARAKATAN YANG DIDIRIKAN OLEH WARGA NEGARA ASING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2016 Tentang Organisasi Kemasyarakatan Yang didirikan Oleh Warga Negara Asing menimbulkan pro dan kontra di masyarakat karena unsur asing yang akan berkegiatan di Indonesia. Akan tetapi dengan dikeluarkannya peraturan ini menjadikan ruang gerak terhadap LSM asing semakin diperketat dan diperjelas. Setiap kegiatan yang dilakukan LSM asing di Indonesia memiliki tujuan kemanusiaan sebagai perpanjangan tangan pemerintah kepada masyarakat yang bersifat sukarela tanpa mencari keuntungan (nirlaba). Dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian terhadap: Pertama, Bagaimana kedudukan organisasi kemasyarakatan asing berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2016 tentang Organisasi Kemasyarakatan Yang Didirikan Oleh Warga Negara Asing? Kedua, Bagaimana akibat hukum pendirian Organisasi Kemasyarakatan Asing di Indonesia? Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif atau kepustakaan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara meneliti bahan kepustakaan dan wawancara kepada Project Manager LSM Asing Arbeiter Samariter Bund (ASB). Hasil pembahasan dapat dilihat: Pertama, Organisasi Kemasyarakatan Asing yang berada di Indonesia diakui secara hukum sejak dikeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2016 Tentang Organisasi Kemasyarakatan Yang Didirikan Oleh Warga Negara Asing serta kedudukannya semakin diperjelas. Kedua, Hadirnya Organisasi Kemasyarakatan Asing di Indonesia banyak membantu Pemerintah sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah kepada masyarakat yang sebelumnya luput dari perhatian Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Intizham Jamil, S.H., M.S
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 02 Apr 2018 15:25
Last Modified: 02 Apr 2018 15:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32854

Actions (login required)

View Item View Item