KOMPETENSI ANDRAGOGI PENYULUH PERTANIAN DARI PERSPEKTIF ANGGOTA KELOMPOKTANI DI KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

FERA, YUMARTI (2017) KOMPETENSI ANDRAGOGI PENYULUH PERTANIAN DARI PERSPEKTIF ANGGOTA KELOMPOKTANI DI KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FERA YUMARTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan kabupaten yang memiliki jumlah penyuluh pertanian terbanyak di Sumatera Barat yaitu sebanyak 245 orang penyuluh yang terdiri dari 51 orang penyuluh pertanian PNS, 79 orang penyuluh THL-TB PP dan 116 orang penyuluh swadaya. Jumlah keltan yang ada saat ini adalah sebanyak 1.319 keltan. Untuk itu, perlu kiranya untuk menganalisis tingkat kompetensi andragogi penyuluh pertanian di Kabupaten Lima Puluh Kota khususnya Kecamatan Lareh Sago Halaban. Tujuan penelitian ini adalah :1) mendeskripsikan tingkat kompetensi andragogi penyuluh pertanian di Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota dilihat dari perspektif anggota kelompoktani. 2) membandingkan tingkat kompetensi andragogi penyuluh pertanian PNS dan THL-TB PP di Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten LimaPuluh Kota. Salah satu kompetensi yang harus dimilki oleh seorang penyuluh adalah kompetensi andragogi yaitu kemampuan penyuluh dalam hal pembelajaran orang dewasa. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan jenisnya adalah komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Responden pada penelitian ini berjumlah 96 responden dengan menggunakan teknik proportionale random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis kompatarif t-test pada software IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara analisis deskriptif, Tingkat kompetensi andragogi penyuluh pertanian dilihat dari perspektif anggota kelompoktani di Kecamatan Lareh Sago Halaban tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan secara analisis statistik, Tingkat kompetensi andragogi penyuluh PNS memiliki perbedaan dengan tingkat kompetensi andragogi penyuluh THL-TB PP dalam hal penerapan proses pembelajaran partisipatif, kedudukan penyuluh tidak berada tidak berada diatas atau lebih tinggi dari petani, peran penyuluh bukan sebagai guru melainkan sebagai fasilitator dan materi penyuluhan berdasarkan kebutuhan anggota kelompoktani. Sedangkan kompetensi andragogi terkait dengan penyuluh memperhatikan karakteristik orang dewasa, waktu pelaksanaan penyuluhan disesuaikan dengan kesepakatan bersama anggota kelompoktani, tempat penyuluhan tidak harus selalu menetap serta keberhasilan proses belajar diukur berdasarkan seberapa jauh terjadi diskusi dan sharing, antara penyuluh PNS dengan penyuluh THL-TB PP tidak memiliki perbedaan. Kata kunci : kompetensi andragogi, penyuluh PNS, penyuluh THL-TB PP, perspektif anggota kelompoktani.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu penyuluhan
Date Deposited: 27 Mar 2018 13:18
Last Modified: 27 Mar 2018 13:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32809

Actions (login required)

View Item View Item