FAUZIAH, RAHMI (2015) ILLOCUTIONARY ACT AS FOUND IN WARDAH BEAUTY. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Full Text)
1187.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam skripsi ini penulis membahas tindak ilokusi yang terdapat dalam slogan yang mengandung tindak tutur ilokusi pada sebuah katalog iklan kecantikan Wardah tahun 2014. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tipe tindak tutur ilokusi sekaligus makna yang disampaikan oleh pengiklan kepada konsumen melalui slogan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik. Jumlah data yang di analisis adalalh 15 data yang diseleksi dari slogan – slogan dalam katalog Wardah yang mengandung tindak tutur ilokusi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode simak dengan teknik bebas libat cakap dan teknik catat. Data kemudian dianalisis menggunakan metode padan referensial (Sudaryanto, 1993). Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori tindak tutur yang dikemukakan oleh Searle (1979). Untuk menganalisis makna yang disampaikan pada iklan kecantikan Wardah penulis menggunakan teori konteks yang dikemukakan oleh Leech (1983). Dari 15 data yang dianalisis, ditemukan 2 tipe tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam iklan kecantikan Wardah yaitu, assertif dan direktif. Assertif adalah tindak tutur yang dominan ditemukan. Makna yang disampaikan oleh pengiklan kepada pembaca yaitu: 1. Memilih pembersih yang tepat, 2. Berikan perawatan ekstra kepada kulit, 3. Jauhkan kulit dari bahaya sinar UV, 4. Wajah terlihat segar dan natural, 5. Pilihan warna menentukan penampilan seseorang, 6. Berikan nutrisi dan perawatan terhadap bibir, 7. Senyuman yang indah dapat dimiliki oleh setiap orang, 8. Wajah bersih dan segar dalam seketika, 9. Lakukan dan lengkapi perawatan kulit di rumah. Penulis menyimpulkan bahwa iklan yang dibuat menggunakan tindak tutur assertif dan direktif untuk mengikat konsumen percaya terhadap produk yang ditampilkan oleh pembuat iklan. Selain itu, makna yang disampaikan oleh iklan bahwa wanita yang menggunakan produk Wardah adalah wanita yang peduli dengan pentingnya memperhatikan kesehatan dan keamanan produk kosmetik tersebut, dan juga makna yang paling menonjol konsumen dianjurkan membeli produk kosmetik Wardah. Kata kunci : Tindak tutur ilokusi, iklan, slogan, makna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Mr Azi Rahman |
Date Deposited: | 03 Mar 2016 09:38 |
Last Modified: | 03 Mar 2016 09:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/3279 |
Actions (login required)
View Item |