PROTOTYPE SISTEM PENGATUR IRIGASI SAWAH MENGGUNAKAN METODE IRIGASI ALTERNATE WETTING AND DRYING (AWD) BERBASIS TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS

Tisnainil, Husna (2018) PROTOTYPE SISTEM PENGATUR IRIGASI SAWAH MENGGUNAKAN METODE IRIGASI ALTERNATE WETTING AND DRYING (AWD) BERBASIS TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Beras merupakan kebutuhan pokok mayoritas mayarakat Indonesia dan sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani. Namun kebutuhan beras masyarakat masih belum mencukupi. Untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat, perlu dilakukan peningkatan hasil produksi padi dengan memperhasikan faktor yang dapat meningkatkan hasil produksi padi seperti kadar air sawah. Pada penelitian ini dirancang prototype sistem pengatur irigasi sawah menggunakan metode irigasi AWD dengan mengatur aktivasi buka dan tutup pintu air masuk dan pintu air keluar berdasarkan usia tanaman padi yang dihitung menggunakan RTC dan tinggi air sawah yang diukur menggunakan sensor ultrasonik. Sistem juga dirancang untuk menerima input usia tanaman padi dan nonaktif sistem dari aplikasi mobile melalui modul ESP8266. Hasil pengujian dari sistem ini dapat mengukur tinggi air dengan keakuratan 95.68% dan membaca waktu secara real-time dengan keakuratan 98.67%. Motor servo DS04 NFC bekerja membuka pintu dengan durasi 60 detik dan menutup pintu dengan durasi 56 detik. Sistem pengatur irigasi sawah dapat mengatur tinggi air dengan persentase keberhasilan 81.48%. Sistem dapat menerima input dan nonaktif sistem dengan persentase keberhasilan sebesar 70%. Kata kunci: Irigasi sawah, Irigasi AWD, Sistem pengatur, ESP8266, Sensor ultrasonik, RTC, Motor DS04 NFC, Smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DODY ICHWANA PUTRA, MT
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 23 Mar 2018 11:27
Last Modified: 23 Mar 2018 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32759

Actions (login required)

View Item View Item