Dio, Prasetya (2018) PENGURUSAN PERIZINAN SEKOLAH FILIAL OLEH DINAS PENDIDIKAN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pendidikan merupakan cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang telah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4 serta ingin mencapai tujuan pendidikan nasional. Penyelenggaraan pendidikan tidak merata di seluruh wilayah. Oleh karena itu terjadi kesenjangan pendidikan antara daerah kota dan daerah pinggiran. Sekolah filial atau kelas jauh merupakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Sekolah filial atau kelas jauh merupakan kelas yang dibuka diluar sekolah induk diperuntukkan untuk siswa-siswi yang tidak tertampung di sekolah tersebut baik karena keterbatasan kursi (ruangkelas) atau jarak tempat tinggal yang jauh.Penelitian ini membahas perizinan sekolah filial oleh Dinas Pendidikan di Kota Padang. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1.Bagaimana proses pengurusan perizinan sekolah filial oleh Dinas Pendidikan di Kota Padang. 2. Bagaimana pegawasan terhadap perizinan sekolah filial oleh Dinas Pendidikan di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris (sosiologis). Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, studi dokumen dan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan sekolah filial dibentuk karena permintaan masyarakat sekitar yang meminta dinas pendidikan agar mendirikan sebuah sekolah. Dinas pendidikan membuat izin operasional kepada sekolah yang bersedia membentuk sekolah filial. Dalam hal ini penulis memfokuskan penelitian pada SMKN 3 dan SMPN 13 Padang filial sebagai studi kasus. Dalam hal pengawasan dilakukan rutin oleh bidang fungsional pengawas. Adapun dari hasil penelitian ini penulis menyarankan perlu adanya peraturan yang jelas sebagai standar operasional bagi sekolah filial untuk melakukan proses perizinan. Harus ada inisiatif lebih dari Dinas Pendidikan untuk pendirian sekolah filial ini. Untuk hal pengawasan penulis menyarankan agar lebih ditingkatkan lagi agar tidak terlantarnya proses belajar mengajar di sekolah filial. Kata kunci :perizinan, sekolah, filial, pengawasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Azmi Fendri, S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 21 Mar 2018 15:34 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 15:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32727 |
Actions (login required)
View Item |