Pembanguunan Sistem Informasi Administrasi Jaminan Kesehatan Penerima Bantuan Iuran Berbasis Web Fitur Mobile Pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Datar

Mona, Juwita S (2018) Pembanguunan Sistem Informasi Administrasi Jaminan Kesehatan Penerima Bantuan Iuran Berbasis Web Fitur Mobile Pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
2. BAB I .pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI (Kesimpulan dan Saran))
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA_mona_1311521042.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Administrasi Jaminan Kesehatan Penerima Bantuan (JKPBI) merupakan kegiatan terkait penyelenggaraan kebijakan bagi masyarakat kurang mampu di Dinsos-PPPA Kabupaten Tanah Datar. Kegiatan administrasi meliputi pendaftaran peserta, pengelolaan informasi, dan pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik. Dalam pelaksanaan administrasi, kegiatan administrasi dilakukan belum berjalan dengan optimal. Kendala yang ditemukan seperti pengolahan data yang lama, sulitnya akses informasi dan pelaporan kegiatan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan pembangunan sistem informasi administrasi JKPBI pada Dinsos-PPPA Kabupaten Tanah Datar. Pembangunan SIA-JKPBI bertujuan untuk memudahkan instansi dalam pelaksanaan administrasi sehingga berjalan lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam pembangunan sistem adalah metode waterfall. Tahapan metode yaitu (1) analisis kebutuhan sistem dengan melakukan studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perancangan sistem menggunakan diagram dan arsitektur aplikasi seperti Business Process Model Notation (BPMN), use case diagram, sequence diagram, class diagram, dan Entity Relationship Diagram (ERD), (3) implemetasi sistem menggunakan konsep OOP(Object Oriented Programming), arsitektur MVC (Model, View, Controller), framework Laravel, android studio, dan database mySQL, (4) pengujian sistem menggunakan metode blackbox testing. Berdasarkan hasil pengujian, pembangunan SIA-JKPBI telah berhasil berjalan sesuai fungsional. Hasil pembangunan SIA-JKPBI mampu membuat layanan administrasi berjalan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 21 Mar 2018 11:17
Last Modified: 21 Mar 2018 11:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32724

Actions (login required)

View Item View Item