RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS UBI JALAR UNGU ( Ipomoea batatas L. ) TERHADAP PEMBERIAN DOSIS KOMPOS JERAMI PADI

Viola, Dhea Resty (2018) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS UBI JALAR UNGU ( Ipomoea batatas L. ) TERHADAP PEMBERIAN DOSIS KOMPOS JERAMI PADI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengenai respon pertumbuhan dan hasil tiga varietas ubi jalar ungu oleh pemberian dosis kompos jerami padi telah dilakukan pada bulan Mei-September 2017 di Lahan Basah Universitas Andalas, Limau Manis, Padang. Tujuan penelitian untuk menentukan dosis kompos jerami padi yang tepat pada tiga varietas ubi jalar ungu dan menentukan varietas yang mampu memberikan pertumbuhan dan hasil terbaik ubi jalar ungu serta menentukan pengaruh interaksi kompos jerami padi terhadap tiga varietas ubi jalar ungu. Penelitian ini menggunakan percobaan dengan pola Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama adalah dosis kompos jerami padi (0 ton/ha, 5 ton/ha, 10 ton/ha, 15 ton/ha) dan faktor kedua adalah varietas ubi jalar ungu (Antin 1, Antin 2, dan Antin 3). Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf 5%, jika F hitung lebih besar dari F tabel 5% dilanjutkan dengan uji Duncan,s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati adalah panjang cabang utama, jumlah cabang, panjang cabang terpanjang, jumlah umbi per tanaman, panjang umbi per tanaman, diameter umbi per tanaman, bobot umbi segar per tanaman, hasil umbi per petakan dan hasil umbi per hektar. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi nyata antara varietas ubi jalar dengan dosis kompos jerami padi terhadap pertumbuhan dan hasil tiga varietas ubi jalar ungu. Pertumbuhan dan hasil tanaman ubi jalar ungu varietas antin 1, antin 2, antin 3 yang terbaik didapatkan pada pemberian dosis kompos jerami padi 15 ton/ha. Varietas antin 2 memiliki jumlah umbi paling banyak dan bobot umbi pertanaman, per petak, serta per hektar yang cenderung lebih baik yaitu 15,84 ton/ha. Kata kunci: Kompos Jerami Padi, Ral Faktorial, Tiga Varietas Ubi Jalar ungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Ir. Auzar Syarif, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 16 Mar 2018 11:29
Last Modified: 16 Mar 2018 11:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32677

Actions (login required)

View Item View Item