FADHITA, ANILLA (2015) Illocutionary Act of Stephen Hawking in the Theory of Everything Movie. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Full Text)
1181.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tipe-tipe tindak tutur ilokusi (types of illocutionary act) yang ditemukan pada ujaran Stephen dalam film The Theory of Everything dibahas dalam skripsi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk bentuk ilokusi yang digunakan oleh karakter utama dalam percakapan serta fungsinya. Data diambil dari film The Theory of Everything dengan cara mengunduh skenario film dari internet. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak, teknik Simak Libat Cakap dan teknik Catat. Data berasal dari ujaran-ujaran pemeran utama yang mengandung tindak ujaran ilokusi. Data dianalisis menggunakan metode padan pragmatik. Teori yang digunakan adalah teori tindak ilokusi oleh Searle (1979) serta teori fungsi oleh Leech (1993) dan teori konteks oleh Yule (2010). Hasil analisis dipresentasikan secara deskriptif. Dari hasil analisis ditemukan tipe-tipe tindak ilokusi yang digunakan antara lain: assertive (13), directive (4), expressive (2), commissive (2) dan declaration (1). Tindak ilokusi yang dominan terjadi didalam film The Theory of Everything berbentuk assertive dikarenakan penutur merupakan seorang ilmuan dan ahli fisika yang cenderung menggunakan ujaran langsung berdasarkan apa yang diyakininya. Adapun fungsi-fungsi dari tindak ilokusi yang digunakan itu adalah: collaborative (13), competitive (6), convivial (2), conflictive (1). Fungsi yang dominan digunakan penutur yaitu collaborative. Fungsi tersebut bertujuan untuk menjelaskan kebenaran yang ada. Kata kunci : Tindak tutur, tipe-tipe tindak ilokusi, , konteks.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Mr Azi Rahman |
Date Deposited: | 07 Mar 2016 03:15 |
Last Modified: | 07 Mar 2016 03:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/3267 |
Actions (login required)
View Item |