Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Demensia pada Usia Lanjut di Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Doa, Vami (2018) Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Demensia pada Usia Lanjut di Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK WATERMARK.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 WATERMARK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 WATERMARK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS WATERMARKK.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Demensia merupakan kelainan neuropsikiatri yang sering terjadi pada usia lanjut. Prevalensi demensia telah tercatat sebanyak 47 juta kasus jiwa di seluruh dunia, dan pada tahun 2050 diperkirakan 68% kasus akan ditemukan di negara berkembang, termasuk Indonesia. Salah satu usaha preventif yang dilakukan adalah dengan beraktivitas fisik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kejadian demensia pada usia lanjut. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan teknik pengambilan sampel multistage simple random sampling pada usia lanjut ≥60 tahun yang berada di Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel berjumlah 97 orang. Tingkat aktivitas fisik dinilai menggunakan kuesioner Life Time Physical Activity Questionnaire (LTPAQ) dan kejadian demensia dinilai menggunakan kuesioner The Montreal Cognitive Assessment Versi Indonesia (MoCA-Ina). Data diolah dengan uji statistik chi-square menggunakan program komputer. Hasil univariat didapatkan persentase usia lanjut dengan tingkat aktivitas fisik di bawah rata-rata sebanyak 57,7% dan di atas rata-rata sebanyak 42,3%. Persentase usia lanjut yang tidak mengalami demensia sebanyak 46,4% dan yang mengalami demensia sebanyak 53,6%. Hasil bivariat didapatkan tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kejadian demensia pada usia lanjut di mana nilai p= 0,147 (p<0,05). Penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kejadian demensia pada usia lanjut di Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Eka Kurniawan, Sp.PD
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 15 Mar 2018 14:54
Last Modified: 15 Mar 2018 14:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32656

Actions (login required)

View Item View Item