PERANAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS TABRAK LARI DI WILAYAH HUKUM POLRES KOTA PAYAKUMBUH

anda, andam suri (2018) PERANAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS TABRAK LARI DI WILAYAH HUKUM POLRES KOTA PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

ABSTRAK Lalu Lintas mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Rendahnya kesadaran hukum dalam masyarakat menyebabkan terjadinya ketidak disiplinan masyarakat dalam berlalu lintas. Dengan adanya masalah seperti ini tentu akan menimbulkan masalah dalam berlalu lintas, tidak hanya kecelakaan lalu lintas tetapi kecelakaan seperti tabrak lari pun dapat terjadi, karena kurangnya kesadaran dalam berlalu lintas maupun pemanfaatan yang semestinya.Unsur-unsur kecelakaan sendiri meliputi, pengemudi, pemakai jalan, kendaraan, jalan dan lingkungan. Sedangkan tabrak lari sendiri merupakan bagian dari kecelakaan, namun pengertiannya lebih spesifik, tabrak lari merupakan peristiwa kecelakaan dimana pelaku atau orang yang menabrak melarikan diri meninggalkan korbannya.Jelas tabrak lari tergolong sebagai tindak pidana, karena tindakan tersebut merugikan masyarakat umum, terutama bagi pengguna jalan. Berkaitan dengan itu, tabrak lari telah disinggung dalam Pasal 312 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (selanjutnya disebut UndangUndang No 22 Tahun 2009. Banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas tabrak lari yang terjadi di Kota Payakumbuh maka berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana peranan Kepolisian polres Kota Payakumbuh dalam melaksanakan penegakan hukum terhadap tindak pidana kecelakaan lalu lintas tabrak lari di Kota Payakumbuh. b) Apakah kendala yang dihadapi oleh pihak Kepolisian dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana kecelakaan lalu lintas tabrak lari di Kota Payakumbuh. c) Apa upaya Kepolisian mengatasi kendala dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana kecelakaan lalu lintas tabrak lari di Kota Payakumbuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yuridis-sosiologis yaitu penelitian yang melihat bagaimana kenyataan dilapangan dan menghubungkannya dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Peranan Kepolisian Polres Kota Payakumbuh dalam melaksanakan penegakan hukum terhadap tindak pidana Kecelakaan Lalu Lintas Tabrak Lari masih kurang efektif, dan perlu dilakukan peningkatan kinerja untuk lebih efektif dalam melakukan pengembangan kasus kecelakaan lalu lintas tabrak lari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Apriwal Gusti, S.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 12 Mar 2018 12:07
Last Modified: 12 Mar 2018 12:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32579

Actions (login required)

View Item View Item