Hubungan Faktor Resiko dengan Sindrom HELPP dan Edema Paru pada Pasien Eklampsia di RSUP DR M Djamil Padang pada Tahun 2016-2017

Syauqi, Faidhun Niam (2018) Hubungan Faktor Resiko dengan Sindrom HELPP dan Edema Paru pada Pasien Eklampsia di RSUP DR M Djamil Padang pada Tahun 2016-2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover+Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN FAKTOR RESIKO DENGAN SINDROM HELPP DAN EDEMA PARU PADA PASIEN EKLAMPSIA DI RSUP DR MDJAMIL PADANG PADA TAHUN 2016-2017 Oleh Syauqi Faidhun Niam Hipertensi kehamilan merupakan salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada kehamilan. Salah satu hipertensi pada kehamilan yang dapat membahayakan ibu adalah eklampsia. Eklampsia merupakan salah satu dari 3 penyebab kematian ibu di dunia dan di Indonesia. Eklampsia dapat menimbulkan luaran yang jelek pada ibu dan janin, salah satunya adalah sindrom HELPP dan edema paru. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi eklampsia antara lain: faktor reproduksi ibu meliputi usia dan paritas, status kesehatan ibu meliputi riwayat hipertensi dan riwayat penyakit dahulu, perilaku sehat yaitu frekuensi ANC, dan determinan konstektual meliputi tingkat ekonomi dan tingkat pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara faktor resiko pasien eklampsia dengan sindrom HELPP dan edema paru pada pasien eklampsia. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode retrospektif, dengan mengambil data pasien eklampsia di RSUP M Djamil dari bulan November 2016- November 2017. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling dan didapatkan 40 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode chi square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 35% pasien eklampsia yang mengalami sindrom HELPP dan 42,5% pasien eklampsia yang mengalami edema paru. Dari hasil analisis bivariat untuk setiap faktor resiko antara lain: usia, paritas, status gizi, frekuensi ANC, riwayat hipertensi, riwayat penyakit dahulu, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan dihubungkan dengan sindrom HELPP dan edema paru didapatkan hasil p >0,05 yang menunjukkan tidak terdapat hubungan antara faktor resiko pada pasien eklampsia dengan sindrom HELPP dan edema paru. Kata kunci: Faktor resiko, sindrom HELPP, edema paru, eklampsia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr.Puja Agung Antonius,SpOG
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 12 Mar 2018 15:28
Last Modified: 12 Mar 2018 15:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32574

Actions (login required)

View Item View Item