PEMBUATAN MINUMAN JELLY KOLANG-KALING (Arenga pinnata, Merr) DENGAN PENAMBAHAN CAMPURAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.) DAN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi, Linn)

Sri, Hartati (2018) PEMBUATAN MINUMAN JELLY KOLANG-KALING (Arenga pinnata, Merr) DENGAN PENAMBAHAN CAMPURAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.) DAN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi, Linn). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi full Sri Hartati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pencampuran sari tomat dan sari belimbing wuluh dalam pembuatan minuman jelly kolang-kaling terhadap karakteristik dan tingkat penerimaan panelis pada uji organoleptik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Analisis data menggunakan Analisis of Varian (ANOVA), kemudian dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang digunakan adalah pencampuran sari tomat dan sari belimbing wuluh yaitu A(20%:0%), B(15%:5%), C(10%:10%), D(5%:15%) dan E(0%:20%). Formulasi pembuatan minuman jelly yaitu dengan menambahkan 80% bubur kolang-kaling dan 40 g gula pasir.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencampuran sari tomat dan sari belimbing wuluh berpengaruh nyata terhadap kadar air, total padatan terlarut, pH, viskositas, vitamin C, aktivitas antioksidan, kadar serat makanan, dan total asam, angka lempeng total dan daya simpan. Minuman jelly kolang-kaling dengan penambahan campuran sari tomat dan sari belimbing wuluh perlakuan B (15%: 5%) memiliki kadar air (81,08%), total padatan terlarut (17,16 0Brix), pH (3,60), viskositas (6,25Pa.s), vitamin C (35,2 mg/100g bahan), aktivitas antioksidan (29,84%), serat makanan (0,70%), dan total asam (0,85%). Perlakuan ini merupakan produk terbaik hasil analisis organoleptik dengan nilai rata-rata tingkat kesukaan panelis terhadap rasa (3,70), tekstur (3,80), aroma (3,75), dan warna (4,25). Kata Kunci – minuman jelly, kolang-kaling, tomat, belimbing wuluh

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novelina, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 08 Mar 2018 15:05
Last Modified: 08 Mar 2018 15:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32532

Actions (login required)

View Item View Item