PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK MASYARAKAT DALAM PERJANJIAN KERJASAMA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ANTARA BADAN USAHA MILIK DAERAH PT. BUNGO DANI MANDIRI UTAMA DENGAN PT. MITRATANI TATAS LESTARI

Hamdan, Siregar (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK MASYARAKAT DALAM PERJANJIAN KERJASAMA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ANTARA BADAN USAHA MILIK DAERAH PT. BUNGO DANI MANDIRI UTAMA DENGAN PT. MITRATANI TATAS LESTARI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh)
Tugas Akhir Ilmiah utuhh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Negara Republik Indonesia adalah negara hukum dimana tertuang didalam Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945, dalam negara hukum, kekuasaan dalam menjalankan Pemerintahan berdasarkan kedaulatan hukum, di Indonesia sudah banyak dilakukan perjanjian kerjasama dibidang perkebunan, dalam penyelenggaraan pembangunan perkebunan berasaskan pada asas kepastian hukum untuk melindungi para pihak dalam perjanjian kerjasama antara BUMD dengan PT.MTL dimana dalam perjanjian pengelolaan perkebunan tersebut tidak berjalan dengan lancar sehingga menimbulkan konflik antara masyarakat dengan pihak PT.MTL. Berdasarkan hal-hal tersebut diatas permasalahan yang diteliti adalah bagaimana hubungan hukum para pihak dalam perjanjian kerjasama perkebunan kelapa sawit, bagaimana akibat hukum terhadap hak masyarakat dalam perjanjian kerjasama perkebunan kelapa sawit, bagaimana perlindungan hukum terhadap masyarakat didalam perjanjian perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini bersifat yuridis sosiologis dengan sifat penelitian bersifat deskriptif analitis. Pengolahan data dilakukan secara editing dan kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) terjadinya Hubungan perdata antara para pihak berdasarkan akta perjanjian kerjasama antara BUMD dengan PT.MTL dan surat penyerahan lahan antara masyarakat dengan BUMD (2) akibat hukum terhadap lahan masyarakat dalam perjanjian kerjasama ini terjadinya peralihan hak, dari hak milik masyarakat menjadi tanah Negara. (3) tidak adanya perlindungan hukum terhadap lahan masyarakat yang telah diserahkan kepada pihak BUMD untuk diberikan Hak Guna Usaha Kata kunci: Perlindungan Hukum, Hak Masyarakat, Perjanjian Kerjasama.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ferdi. SH., MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 27 Mar 2018 12:07
Last Modified: 27 Mar 2018 12:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32489

Actions (login required)

View Item View Item