PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN MATINYA ORANG ( Studi Kasus di Polres Kabupaten Sijunjung)

Arsy, Azim (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN MATINYA ORANG ( Studi Kasus di Polres Kabupaten Sijunjung). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada masa sekarang tidak jarang kita temukan suatu tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan matinya orang yang dilakukan oleh anak. Proses penyidikan merupakan suatu tahap awal dimana seorang anak berhadapan dengan polisi. Mengembangkan hak-hak anak selama proses penyidikan berguna untuk mewujudkan perlindungan hukum agar anak dapat tumbuh secara optimal. Perlindungan terhadap anak sudah diatur dalam Undang-Undang. Untuk itu permasalahan yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan matinya orang? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak sebagai tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan matinya orang? (3) Upaya apa saja yang dilakukan dalam menghadapi kendala dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak sebagai tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan matinya orang? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat yuridis sosiologis yaitu merupakan pendekan terhadap masalah yang ada dengan jalan memahami data, mempelajari hukum positif dari suatu objek penelitian dan bagaimana prakteknya di lapangan. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan dari perlindungan hukum terhadap anak yang melakukan tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan matinya orang masih menemukan kekurangan, seperti belum terpenuhinya hak-hak anak dan memiliki kendala di tingkat penyidikan. Kendala yang di hadapi oleh Polres Kabupaten Sijunjung fasilitas yang kurang mendukung seperti tahanan anak, ruangan yang sempit, minimnya tenaga di balai pemasyarakat, masyarakat yang kurang mengerti hukum. Upaya yang telah di lakukan oleh Polres Kabupaten Sijunjung adalah mengupayakan tahanan khusus anak dan memberikan sosialisasi tentang bantuan hukum kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Efren Nova, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Mar 2018 15:40
Last Modified: 07 Mar 2018 15:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32486

Actions (login required)

View Item View Item