IDENTIFIKASI KADAR ION FLUORIDA (Fˉ) PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU) DI KELURAHAN LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Afifah, Aqilatul Faridah Putri Wirza (2018) IDENTIFIKASI KADAR ION FLUORIDA (Fˉ) PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG (DAMIU) DI KELURAHAN LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrak)
Cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan Permenkes No.492/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, fluorida merupakan bahan kimia anorganik yang berhubungan langsung dengan kesehatan dan kadar maksimum yang diperbolehkan adalah 1,5 mg/L. Fluorida memiliki efek menguntungkan untuk mencegah karies gigi pada kadar yang sesuai, tapi menjadi berbahaya apabila diatas 1,5 mg/L. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kadar ion fluorida pada sampel air minum isi ulang di Lubuk Buaya, Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh DAMIU yang berada di Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yaitu sebanyak 17 buah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling dan seluruh populasi dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dari Agustus 2017 sampai Februari 2018. Analisis sampel dilakukan di UPT Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Hasil pemeriksaan konsentrasi fluorida pada sampel bervariasi antara <0,02 sampai 0,277 mg/L. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rentang konsentrasi fluorida pada air minum isi ulang di Kelurahan Lubuk Buaya masih dalam batas yang diperbolehkan berdasarkan Permenkes No.492/2010. Kata kunci : Fluorida, air minum, depot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Husnil Kadri, M.Kes
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 06 Mar 2018 10:27
Last Modified: 06 Mar 2018 10:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32480

Actions (login required)

View Item View Item