Perancangan Sistem Informasi Geografis Wisata Halal : Pengembangan Paket Wisata Halal Berbasis Web dan Mobile di Provinsi Sumatera Barat

Hausa, Yoruba (2018) Perancangan Sistem Informasi Geografis Wisata Halal : Pengembangan Paket Wisata Halal Berbasis Web dan Mobile di Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Pada tahun 2016, World Halal Tourism Award menetapkan Provinsi Sumatera Barat sebagai destinasi pariwisata halal. Sebagai destinasi pariwisata halal, Provinsi Sumatera Barat perlu berbenah diri untuk memenuhi keinginan wisatawan dalam berwisata. Salah satu penunjang kebutuhan pariwisata halal adalah dengan adanya paket wisata halal yang dapat memudahkan wisatawan dalam melihat rute serta informasi dari tempat wisata, rumah makan, masjid, atau tempat penjualan oleh-oleh yang akan dikunjungi. Selain itu, agen perjalanan yang ada di Provinsi Sumatera Barat dapat berkembang. Oleh karena itu, perlu dikembangkan aplikasi sistem informasi geografis paket wisata halal sebagai penunjang pariwisata halal dan sebagai media untuk agen perjalanan dalam membuat paket wisata halal. Laporan tugas akhir ini melaporkan perancangan sistem informasi geografis wisata halal : pengembangan paket wisata halal berbasis web dan mobile di Provinsi Sumatera Barat. Pengembangan aplikasi ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, pembangunan aplikasi dengan metode waterfall, dan pengujian sistem dengan metode blackbox. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, B4A, dan Javascript. Basis data yang digunakan untuk menyimpan data adalah PostgreSQL dengan ekstensi PostGIS. Fungsi PostGIS yang digunakan adalah ST_GeomFromText, ST_X, ST_Y, dan ST_Centroid. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat, mencari, dan mengetahui informasi paket wisata halal serta memudahkan wisatawan dalam melihat rute paket wisata halal yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Dari hasil pengujian dengan metode blackbox, aplikasi ini telah sesuai dengan fungsional sistem Kata kunci: Agen Perjalanan, Paket Wisata Halal, Sistem Informasi Geografis, Web dan Mobile GIS, Destiansi Wisata Halal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Surya Afnarius, Ph.D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 06 Mar 2018 14:38
Last Modified: 06 Mar 2018 14:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32467

Actions (login required)

View Item View Item