PENERAPAN KONSEP LEAN MANUFACTURING UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PENGOLAHAN CPO (Kasus Pabrik Pengolahan CPO Kapasitas 60 Ton/Jam)

Adriansyah, Adriansyah (2018) PENERAPAN KONSEP LEAN MANUFACTURING UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PENGOLAHAN CPO (Kasus Pabrik Pengolahan CPO Kapasitas 60 Ton/Jam). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan produksi tanaman kelapa sawit sebagai bahan pembuatan crude palm oil (CPO) saat ini berbanding lurus dengan permintaan pasar industri CPO dunia. CPO adalah produk setengah jadi dari sebuah industri proses yang sebagian mesin dan beberapa stasiun lainnya masih dilakukan secara tidak continue atau manual oleh operator. Berdasarkan pengamatan, proses produksi CPO di PT XYZ sering mengalami pemborosan yang membuat sulitnya tercapai target pengolahan kapasitas 60 ton TBS/jam sehingga perusahaan membutuhkan solusi untuk mengurangi pemborosan yang ada. Metode identifikasi pemborosan melalui konsep lean manufacturing didapat melalui tiga tahapan yaitu pengamatan, kuesioner dan pengkorelasian melalui Value Stream Analysis Tool (VALSAT). Hasil yang diperoleh melalui identifikasi pengamatan dan kuesioner menunjukan pemborosan tertinggi terjadi pada stasiun loading ramp dan sterilizer. Kemudian tiga jenis pemborosan yang dominan adalah (1) waiting memiliki nilai 4,39. (2) transportation 3,5. (3) motion 2,78. Kondisi saat ini diperoleh total lead time pengolahan CPO selama 32.700 detik dengan efisiensi pengolahan sebesar 30,7% dengan kapasitas olah 40 ton TBS/jam dan jumlah 26 operator. Rancangan perbaikan dengan menggunakan metode VALSAT melalui PAM menghasilkan penurunan total waktu pengolahan menjadi 23.472 detik sekaligus meningkatkan efisiensi pengolahan menjadi 35,6% dengan kapasitas olah menjadi 55 ton TBS/jam dan hanya menggunakan 21 operator. Kata Kunci : Lean Manufacturing, VALSAT dan VSM

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.-Ing. Agus Sutanto, ST, MT.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik mesin
Date Deposited: 05 Mar 2018 09:49
Last Modified: 05 Mar 2018 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32454

Actions (login required)

View Item View Item