PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN GURU DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMP X RANAH PESISIR

TIKA, SILVANI (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN GURU DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMP X RANAH PESISIR. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201507301317th_skripsi tika silvani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Motivasi Berprestasi adalah usaha dalam pencapaian sasaran untuk memperoleh keberhasilan dalam persaingan dengan beberapa keunggulan (Mc.Clelland,1987). Motivasi berprestasi penting bagi siswa karena motivasi mendorong timbulnya perbuatan seperti belajar untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Guru dan lingkungan sekolah merupakan faktor bagi yang siswa yang akan mempengaruhi motivasi berprestasinya. Persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan gurunya dan iklim sekolah yang kurang baik di SMP X Ranah pesisir merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan guru yang menggunakan teori Rohani yang terdiri dari 3 aspek yaitu otoriter, laissez-fire, dan demokratis yang terdiri dari 24 aitem (rix = 0,914). Skala iklim sekolah yang menggunakan teori dari Pintrich & Schunk yang terdiri dari 3 aspek yaitu perasaan sebagai bagian dari komunitas, kehangatan dan kesopanan dalam hubungan interpersonal, dan perasaan aman dan nyaman yang terdiri dari 30 aitem (rix = 0,889). Skala motivasi berprestasi menggunakan teori McClelland yang terdiri dari aspek bertanggung jawab, mempertimbangkan resiko, memiliki umpan balik, dan kreatif inovatif yang terdiri dari 26 aitem (rix = 0,900). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 90 siswa SMP X Ranah Pesisir yang berada di kelas VIII, kemudian 90 orang diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh nonprobability sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan guru dan iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa yakni sebesar 20,7% untuk gaya kepemimpinan otoriter dan iklim sekolah, 22,3% untuk gaya kepemimpinan laissez-fire dan iklim sekolah, dan 20,7% untuk gaya kepemimpinan demokratis dan iklim sekolah. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Namun secara parsial hanya iklim sekolah yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa di SMP X Ranah Pesisir. Sedangkan gaya kepemimpinan yang dipersepsikan siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa di SMP X Ranah Pesisir. Kata Kunci : Persepsi tentang Gaya Kepemimpinan Guru, Iklim Sekolah, Motivasi Berprestasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 04 Feb 2016 01:40
Last Modified: 04 Feb 2016 01:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item