Identifikasi Bahaya dan Penentuan Titik Kritis Pada Proses Pengolahan Pisang (Musa paradisiaca) di CV. KIN-NIKKO Batusangkar

Dwi, Ayuri Ferdiyanti (2017) Identifikasi Bahaya dan Penentuan Titik Kritis Pada Proses Pengolahan Pisang (Musa paradisiaca) di CV. KIN-NIKKO Batusangkar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI AYURI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi titik kritis pada proses pengolahan pisang (Musa paradisiaca) di CV. KIN-NIKKO dengan mengacu pada HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan mengetahui mutu produk olahan pisang yang diproduksi oleh CV. KIN-NIKKO dengan mengacu pada GMP (Good Manufacturing Practice) dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli - September 2017. Penentuan critical control point (CCP) pada setiap tahapan produksi dimulai dari bahan baku, proses pengolahan, dan produk akhir dilakukan analisis potensi bahaya melalui pengamatan di lapangan dan uji mutu di laboratorium. Penelitian ini dilakukan di CV. KIN-NIKKO Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar. Metode penelitian yang digunakan adalah konklusif-deskriptif. Pada hasil akhir produk berupa pisang sale dan keripik pisang dilakukan uji timbal dan tembaga dengan hasil < 0,0027 mg/kg. Sedangkan untuk uji tembaga pada pisang sale mentah 5,2601 mg/kg , pisang sale siap dikonsumsi 2,3988 mg/kg , keripik pisang 1,7392 mg/kg. Hasil tersebut sudah sesuai dengan SNI 01-4319-1996. Hasil analisis bahaya yang dilakukan didapatkan bahwa pada proses penggorengan, pengovenan, penirisan pisang sale dan keripik pisang serta sanitasi peralatan dan sanitasi pekerja menjadi critical control point (CCP). Oleh karena itu, diperlukan evaluasi dan tindakan koreksi untuk mengatasi titik kritis tersebut. Kata kunci : CCP, GMP, Timbal, Tembaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Aisman, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 01 Mar 2018 12:52
Last Modified: 01 Mar 2018 12:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32390

Actions (login required)

View Item View Item