Hubungan Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Menguras Mengubur Menutup Plus Dengan Container Index Larva Nyamuk Aedes Di Kelurahan Jati

Tuti, Irma Rahayu (2018) Hubungan Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Menguras Mengubur Menutup Plus Dengan Container Index Larva Nyamuk Aedes Di Kelurahan Jati. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penyakit menular masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Penyakit menular yang kasusnya dilaporkan cenderung meningkat dan menyebar luas adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Kasus DBD tertinggi di Kota Padang pada tahun 2016 terdapat di Puskesmas Andalas yaitu di Kelurahan Jati. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pengetahuan sikap dan tindakan menguras mengubur menutup plus dengan Container Index di Kelurahan Jati. Desain penelitian adalah cross sectional dengan respoden warga Kelurahan Jati, dengan pengumpulan data pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2017. Besar sampel adalah 100 orang yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara terpimpin menggunakan kuesioner dan dilakukan analisis univariat dan bivariat. Analisis univariat menunjukkan pengetahuan buruk (80%), sikap baik (78%) dan tindakan buruk (96%). Analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan tingkat pengetahuan menguras mengubur menutup plus dengan Container Index (p=0,874), tidak terdapat hubungan sikap menguras mengubur menutup plus dengan Container Index (p=0,992) dan tidak terdapat hubungan tindakan menguras mengubur menutup plus dengan Container Index (p=0,296). Kesimpulan penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan pengetahuan sikap dan tindakan menguras mengubur menutup plus dengan Container Index. Kata kunci : pengetahuan, sikap, tindakan, menguras mengubur menutup plus, Container Index.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Firdawati,M.Kes,PhD
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 02 Mar 2018 12:25
Last Modified: 02 Mar 2018 12:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32386

Actions (login required)

View Item View Item