PENGARUH PENUAAN LISTRIK TERHADAP KARAKTERISTIK TEGANGAN TEMBUS DAN TEGANGAN INSEPSI PELUAHAN SEBAGIAN BAHAN ISOLASI CAIR BIONANO

Abdul, Manab (2018) PENGARUH PENUAAN LISTRIK TERHADAP KARAKTERISTIK TEGANGAN TEMBUS DAN TEGANGAN INSEPSI PELUAHAN SEBAGIAN BAHAN ISOLASI CAIR BIONANO. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Watermark cover.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Watermark Bab 1.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
watermark Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
watermark DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
Watermark Tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak— Kekuatan dielektrik minyak transformator nynas nitro murni, minyak sawit, minyak kelapa dan mnyak kedelai dapat ditingkatkan dengan menambahkan berbagai partikel nano seperti nanoalumina (Al2O3). Untuk melihat effek penambahan partikel nano alumina, disiapkan 4 jenis minyak komposisi yang berbeda dengan penambahan partikel nanoalumina sebesar 0.00%, 0.010%, 0.015% dan 0.020%. Pada semua sampel tersebut dilakukan pengujian breakdown voltage yang disebut tegangan tembus (BDV) dan tegangan insepsi peluahan sebagian atau partial discharge inception voltage (PDIV) dan pengujian viskositas dengan metode Viskometer Ostwald. Pengujian BDV dan PDIV menggunakan dua buah elektroda jenis VDE dengan jarak celah 2.5mm dan dilakukan pada kondisi suhu ruang dengan merujuk standar IEC 60156. Perekaman data diambil selama 30 menit dan 60 menit. Hasil menunjukkan PDIV semua jenis minyak murni menurun setelah penuaan 60 menit sedangkan BDV minyak murni jenis nabati meningkat dibandingkan dengan minyak mineral. Minyak nano persentase volume 0,01% penuaan 60 menit semua jenis minyak meningkat kecuali minyak kedelai. PDIV minyak nanosawit dan nanokelapa 0,015% mengalami penurunan, berbeda dengan minyak nanonynas dan nanokedelai mengalami peningkatan. BDV minyak nanonynas, nanosawit 0,02% turun setelah penuaan 60 menit, sedangkan minyak nanokelapa dan nanokedelai mengalami peningkatan. Viskositas minyak nynas lebih rendah dibandingkan minyak lainnya pada semua kondisi sebelum dan sesudah penuaan. Kata kunci: Minyak nynas, minyak sawit, minyak kelapa, minyak kedelai, nanoalumina (Al2O3)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Aulia, Ph.D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik elektro
Date Deposited: 26 Feb 2018 16:27
Last Modified: 26 Feb 2018 16:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32379

Actions (login required)

View Item View Item