STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI PASAR RAYA PADANG

ULIL, AMRI ABDI (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI PASAR RAYA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover PKL Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
kOMPLIT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Terokupasinya ruang publik di kawasan Pasar Raya Padang oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) mengakibatkan terjadinya kemacetan lalu lintas dan kesembrawutan, sehingga menimbulkan persoalan ketertiban, kebersihan dan keindahan. Kondisi tersebut merupakan dampak dari rusaknya bangunan Pasar Raya akibat gempa yang melanda Kota Padang pada 31 Agustus 2011 lalu, sehingga PKL memanfaatkan jalan raya, tempat parkir, trotoar, sebagai lokasi berdagang. Pemerintah Kota Padang telah melakukan upaya penertiban dan relokasi PKL ke tempat yang telah disediakan, namun PKL masih tetap saja menempati lokasi-lokasi yang dilarang oleh Pemerintah Kota Padang. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Padang terus melakukan upaya penataan PKL di kawasan Pasar Raya Padang dengan mengeluarkan Keputusan Walikota Padang Nomor 190 Tahun 2014 tentang Lokasi dan Jadwal Usaha Pedagang Kaki Lima. Sosialisasi pelaksanaan Keputusan Walikota Padang tersebut memerlukan strategi komunikasi dengan tujuan agar PKL mengetahui, mendapatkan informasi, termotivasi, dan mendukung program penataan PKL yang berkaitan dengan lokasi dan jadwal usaha yang diperbolehkan dan dilarang bagi PKL untuk berdagang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggambarkan dan menjelaskan strategi komunikasi yang dilakukan Pemerintah Kota Padang dalam pelaksanaan program penataan PKL. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara mendalam, pengumpulan dokumen dan melakukan observasi terlibat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Pemerintah Kota Padang melakukan tahapan strategi komunikasi dalam pelaksanaan program penataan PKL di kawasan Pasar Raya Padang, yaitu; (1) identifikasi komunikator, (2) mengembangkan pesan dan seleksi penggunaan media, dan (3) mengenali khalayak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKL mengetahui dan memahami tentang zona-zona yang dilarang dan diperbolehkan bagi PKL sesuai dengan Keputusan Walikota Padang Nomor 190 Tahun 2014 tentang Lokasi dan Jadwal Usaha Pedagang Kaki Lima (PKL). Namun PKL belum mendukung pelaksanaan program penataan PKL (supporting decision making) tersebut, karena masih adanya pelanggaran oleh PKL dengan tetap menggelar dagangan di lokasi yang telah dilarang untuk berdagang dan pada waktu yang dilarang untuk berdagang bagi PKL. Pelanggaran itu terjadi ketika tidak adanya pengawasan dari aparatur Pemerintah Kota Padang lokasi PKL berdagang. Kata Kunci: Program Penataan PKL, Strategi Komunikasi, Pemerintah Kota Padang

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. INDRADDIN, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 19 Feb 2018 14:19
Last Modified: 19 Feb 2018 14:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32296

Actions (login required)

View Item View Item