PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN DALAM PROSES PENYIDIKAN DI WILAYAH HUKUM POLRESTA PADANG

Muhammad, Juliansyaf (2017) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN DALAM PROSES PENYIDIKAN DI WILAYAH HUKUM POLRESTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perlindungan anak merupakan pekerjaan penting yang harus terus dilakukan oleh seluruh unsur negara kita. Salah satu kejahatan yang terjadi dan sangat merugikan serta meresahkan masyarakat adalah tindak pidana pencabulan terhadap anak. Dalam kasus-kasus pencabulan terhadap anak. Permasalahan yang dibahas yaitu; (1) Bagaimanakah pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana pencabulan dalam proses penyidikan di wilayah hukum Polresta Padang? (2) Apa sajakah kendala-kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana pencabulan dalam proses penyidikan di wilayah hukum Polresta Padang?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa; (1) Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana pencabulan dalam proses penyidikan di Polresta Padang, telah dilakukan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia, hal ini terlihat dari telah dilakukannya prosedur-prosedur tindakan penyidik dalam melakukan proses penyidikan. Dan proses penyidikan berdasarkan ketentuan UU No.23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, dan KUHAP sebagai pelengkap apa yang diatur dalam Undang-undang Perlindungan Anak dan dalam UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak tersebut. (2) Kendala-kendala yang ditemui pihak penyidik kepolisian dalam melakukan penyidikan tindak pidana pencabulan anak di Polresta Padang hanya mengalami kendala yang sifatnya Intern (faktor yang dialami dari penyidik), dan faktor Ekstern (Penasehat Hukum, BAPAS, oknum aparat yang nakal dan tempat penyidikan). Kata Kunci: Perlindungan Anak, Pencabulan, Penyidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A. Irzal Rias, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 Feb 2018 12:11
Last Modified: 14 Feb 2018 12:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32241

Actions (login required)

View Item View Item