UJI ANTAGONIS RIZOBAKTERI INDIGENOS TERHADAP JAMUR Diplodia maydis (Berkeley) Saccardo PENYEBAB PENYAKIT BUSUK TONGKOL PADA JAGUNG (Zea mays ) SECARA IN VITRO

Susi, Nofrianti (2018) UJI ANTAGONIS RIZOBAKTERI INDIGENOS TERHADAP JAMUR Diplodia maydis (Berkeley) Saccardo PENYEBAB PENYAKIT BUSUK TONGKOL PADA JAGUNG (Zea mays ) SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (1. COVER DAN ABSTRAK SUSI NOFRIANTI)
1. COVER DAN ABSTRAK SUSI NOFRIANTI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2. BAB I PENDAHULUAN SUSI NOFRIANTI)
2. BAB I PENDAHULUAN SUSI NOFRIANTI.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3. BAB AKHIR SUSI NOFRIANTI)
3. BAB AKHIR SUSI NOFRIANTI.pdf - Updated Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4. DAFTAR PUSTAKA SUSI NOFRIANTI)
4. DAFTAR PUSTAKA SUSI NOFRIANTI.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img] Text (5. SKRIPSI FULL SUSI NOFRIANTI)
5. SKRIPSI FULL SUSI NOFRIANTI.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UJI ANTAGONIS RIZOBAKTERI INDIGENOS TERHADAP JAMUR Diplodia maydis (Berkeley) Saccardo PENYEBAB PENYAKIT BUSUK TONGKOL PADA JAGUNG (Zea mays ) SECARA IN VITRO ABSTRAK Jagung merupakan tanaman pangan penting di Indonesia baik untuk di konsumsi maupun untuk pakan ternak. Salah satu organisme pengganggu tanaman pada tanaman jagung adalah jamur Diplodia maydis penyebab penyakit busuk tongkol. Rizobakteri merupakan salah satu alternatif pengendali jamur D. maydis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat rizobakteri yang memiliki kemampuan sebagai agens antagonis terhadap jamur D. maydis dan pengaruh supernatan rizobakteri terhadap perkecambahan benih jagung secara in vitro. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap dengan 16 perlakuan dan 3 kali ulangan untuk uji antagonis dan 11 perlakuan dan 4 kali ulangan untuk efikasi supernatan rizobakteri terhadap perkecambahan benih jagung. Rizobakteri diseleksi berdasarkan daya hambatnya terhadap D. maydis menggunakan metode dual culture, uji aktivitas senyawa bioaktif supernatan dengan 2 metode yaitu peracunan medium dan difusi cakram serta efikasi supernatan rizobakteri terhadap perkecambahan benih jagung. Hasil penelitian menunjukkan rizobakteri isolat KJTSB 7.2 memiliki kemampuan sebagai agens antagonis dengan persentase daya hambat dual culture sebesar 51,10% dan efektivitas berat kering pada metode peracunan medium sebesar 82,85%. Isolat LMTSA 5.4 memiliki kemampuan sebagai agens antagonis dengan persentase daya hambat yaitu 50,00% dan efektivitas berat kering pada metode peracunan medium sebesar 74,28%. Supernatan LMTSA 5.4 berpengaruh baik terhadap daya kecambah, panjang plumula dan radikula dengan efektivitas masing-masing 14,45%, 91,54% dan 47,97%. Kata kunci : busuk tongkol, D. maydis, rizobakteri indigenos, uji antagonis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ibu Dr. Haliatur Rahma, S.Si, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 15 Feb 2018 11:50
Last Modified: 15 Feb 2018 11:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32235

Actions (login required)

View Item View Item