PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SALAM(Eugenia Polyantha) TERHADAP EDIBLE FILM DARI PATI UBI JALAR UNGU(Ipomea batatas, var Ayamurasaki)SEBAGAI KEMASAN DODOL

Febriani, Safitri (2017) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SALAM(Eugenia Polyantha) TERHADAP EDIBLE FILM DARI PATI UBI JALAR UNGU(Ipomea batatas, var Ayamurasaki)SEBAGAI KEMASAN DODOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak daun salam terhadap edible film dari pati ubi jalar ungu sebagai kemasan dodol. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan tiga ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan Analisis Variant (ANOVA) jika berbeda nyata dilanjutkan dengan Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada tingkat 5%. Perlakuan pada penelitian ini menggunakan penambahan ekstrak daun salam (Eugenia polyantha) sebanyak A(0%), B (0,5%), C (1%), D (1,5%), E (2%). Pengamatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu kadar air, antioksidan, total polifenol, ketebalan, kuat tarik, elongasi, laju transmisi uap, dan angka lempeng total pada dodol. Formulasi terbaik adalah edible film dengan penambahan ekstrak daun salam 2%, dimana kandungan kadar air 15,11%, antioksidan 65,54%, total polifenol 765 mg/ml, ketebalan 0,0653 mm, kuat tarik 2,74 (N/ mm2), elongasi 1,88%, dan laju transmisi uap 2,03 g/m2. Kata kunci : ubi jalar ungu, edible film, Eugenia polyantha, dodol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Tuty Anggraini
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 12 Feb 2018 15:02
Last Modified: 12 Feb 2018 15:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32201

Actions (login required)

View Item View Item