PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN HUKUM OLEH LEMBAGA BANTUAN HUKUM (LBH) BAGI ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM (Studi di LBH Padang)

Retno, Gita Maharani (2016) PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN HUKUM OLEH LEMBAGA BANTUAN HUKUM (LBH) BAGI ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM (Studi di LBH Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Anak yang berkonflik dengan hukum menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak Pasal 1 ayat (3) mengatakan, anak yang berkonflik dengan hukum yang selanjutnya disebut anak yang berumur 12 (dua belas) tahun tetapi belum berumur 18 (delapan belas) tahun yang diduga melakukan tindak pidana. Anak yang berkonflik dengan hukum berhak mendapatkan bantuan hukum. Bantuan hukum menurut Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum merupakan jasa hukum yang diberikan oleh pemberi bantuan hukum secara cuma-cuma kepada penerima bantuan hukum. Pemberi bantuan hukum adalah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) atau organisasi kemasyarakatan yang memberi layanan bantuan berdasarkan Undang-Undang tentang Bantuan Hukum. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah yang hendak dibahas adalah 1. Bagaimanakah pelaksanaan pemberian bantuan hukum oleh Lembaga Bantuan Hukum kepada anak yang berkonflik dengan hukum? 2. Kendala apa sajakah yang dihadapi oleh Lembaga Bantuan Hukum dalam pemberian bantuan hukum terhadap anak yang berkonflik dengan hukum? 3. Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Lembaga Bantuan Hukum dalam mengatasi kendala yang dihadapi? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LBH berperan dalam memberikan bantuan hukum terhadap anak yang berkonflik dengan hukum. Bantuan hukum yang diberikan oleh LBH terhadap anak yang berkonflik dengan hukum berupa bantuan hukum secara litigasi dan beberapa kasus yang didampingi secara diversi. Pemberian bantuan hukum dilakukan dengan beberapa proses mulai dari pengajuan permohonan oleh orang tua si anak ke LBH, dan ditindaklanjuti dengan pendampingan pada proses penyidikan sampai ke sidang pengadilan. Dalam pemberian bantuan hukum LBH mengalami kendala seperti sulitnya mengupayakan proses diversi karena adanya penolakan dari pihak korban, ukuran keadilan yang berbeda-beda, serta kurangnya jumlah advokat yang dimiliki. Adapun upaya-upaya yang dilakukan oleh LBH dalam mengatasi kendala-kendala tersebut berupa LBH melakukan pendekatan kepada korban dan keluaganya, LBH akan memperhatikan keinginan dari korban dan keluarganya, LBH memilih kasus yang akan didamping mengingat jumlah advokat yang terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. H. A. Irzal Rias, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 12 Feb 2018 12:26
Last Modified: 12 Feb 2018 12:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32142

Actions (login required)

View Item View Item