PENGARUH PENAMBAHAN SARI JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) PADA PEMBUATAN MINUMAN JELLY BENGKUANG (Pachyrhizus erosus L. Urban)

hanifaer, wira handayani (2017) PENGARUH PENAMBAHAN SARI JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) PADA PEMBUATAN MINUMAN JELLY BENGKUANG (Pachyrhizus erosus L. Urban). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1.COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (skripsi ful)
tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

Pengaruh Penambahan Sari Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) pada Pembuatan Minuman Jelly Bengkuang (Pachyrhizus erosus L. Urban) Hanifaer Wira Handayani, Kesuma Sayuti, Fauzan Azima ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari jeruk nipis terhadap minuman jelly bengkuang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan pada penelitian ini adalah penambahan sari jeruk nipis sebanyak 10%, 15%, 20%, 25% dan tanpa penambahan sari jeruk nipis. Data yang diperoleh di analisa menggunakan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Pengamatan terhadap produk minuman jelly bengkuang dengan penambahan sari jeruk nipis meliputi vitamin C, total padatan terlarut, nilai pH, total asam, viskositas, serat pangan, angka lempeng total, daya simpan dan uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penambahan sari jeruk nipis terhadap minuman jelly bengkuang. Rata-rata hasil analisis kandungan kimia pada produk terbaik yaitu: vitamin C (11,72 mg), total padatan terlarut (16,0oBrix), pH (3,20), total asam (1,47%), viskositas (5,40), serat pangan (1,67%). Untuk analisis mikrobiologi dilakukan selama 10 hari dan pada hari ke 10 minuman jelly bengkuan sudah mulai mengalami kerusakan secara fisik namun padda uji mikrobiologi angka lempeng total yang didapatkan masih sesuai dengan SNI yaitu 1,9 X 104 cfu/ml. Kata Kunci: minuman jelly, sari bengkuang, sari jeruk nipis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Kesuma Sayuti, M.S
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 09 Feb 2018 10:34
Last Modified: 09 Feb 2018 10:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32117

Actions (login required)

View Item View Item