HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DI KECAMATAN SUNGAI PUA DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN AGAM TAHUN 2015

Muhammad, Adriansah (2018) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DI KECAMATAN SUNGAI PUA DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN AGAM TAHUN 2015. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I (2).pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir)
BAB Akhir (2).pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi full text (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Adriansah. 1210833029. Hubungan Status SosialEkonomiDengan Tingkat PartisipasiMasyarakat di Kecamatan Sungai PuaDalamPemilihanBupatiKabupatenAgamTahun2015 . Jurusan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas, Padang. 2017. dibimbing oleh Pembimbing I Dr. Asrinaldi, M.Si dan Pembimbing IIIrawati S.IP, MA. Penelitian ini dilatar belakangiolehtingkatpartisipasimasyarakat di kecamatan Sungai PuapadapemilihanBupatiKabupatenAgamtahun 2015 dan Status sosialekonomimasyarakatnya.DimanapadapemilihanBupatiAgamtahun 2015 tingkatpartisipasimasyarakatnyaberada di peringkat 10 dari 16 Kecamatan yang ada di KabupatenAgam. Sedangakan Status sosialmasyarakatnyacukuptinggikhususnyadalam Tingkat pertumbuhanekonominyaberada di peringkattertinggi.Bisadisimpulkantingkatpartisipasinya yang cukuprendahdanpertumbuhanekonominya yang tinggitidaklahsejalansebagaimanaseperti yang bilang di dalamteori Samuel. P. Huntington Teori yang digunakanadalahtingkatpartisipasidenganvariabel Status sosialekonomi (Pendapatan, Pendidikan, Pekerjaan).Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penjelasan (deskriftifresearch). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis menggunakan program SPSS 21.00 dengan analis data tabulasi silang dan pengujian hipotesis meggunakan Kendall Tau. Temuan data dilapangan memperlihatkan bahwa Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel Status Sosial Ekonomi (tingkat pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan) tidak memiliki hubungan dengan tingkat partisipasi sebagian besar masyarakat Kecamatan Sungai Pua pada Pilbub Kabupaten Agam tahun 2015. Hal ini terlihat dari uji hipotesis penelitian dengan menggunakan korelasi Kendall Tau, dimana diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,057 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,53. Dari hasil analisis statistik tersebut, keputusan yang bisa diambil adalah bahwa hipotesis nol diterima karena nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,543 > 0,05, sehingga hipotesis alternatif ditolak. Selanjutnya, dari tabel di atas diperoleh nilai koefiensi korelasi senilai 0,057 yang berarti bisa dikatakan bernilai 0, sehingga dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa tidak ada hubungan antara status sosial ekonomi (tingkat pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan) (X) dengan tingkat partisipasi politik (Y) masyarakat Kecamatan Sungai Pua dalam Pilkada Langsung Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Agam tahun 2015.Sehinggadalamhasilpenelitianinimenunjukanbagaimanatingkatpendidikan , pekerjaan , danpendapatansebagianbesarmasyarakat Sungai Pua yang cukupmapan (sedang) ternyatatidakselalumenjaminmeningkatnyapartisipasipolitikmasyarakatnya. Kata Kunci : PartispasiPolitikMasyarakat, SatusSosialMasyarakat (Pendidikan, Pendapatan, Pekerjaan)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi, M.Si
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 05 Feb 2018 17:28
Last Modified: 05 Feb 2018 17:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32011

Actions (login required)

View Item View Item